Gempa Bumi Guncang Keerom Papua, Belum Ada Laporan Kerusakan

Gempa di Papua.
Sumber :
  • VIVA/BMKG

VIVA - Gempa bermagnitudo 5,2 mengguncang wilayah Kabupaten Keerom, Papua, dan sekitarnya, Senin, 7 September 2020, sekitar pukul 03.51 WIB.

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Ganja 13.430 Gram dari Papua Nugini ke Papua

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam siaran persnya menyebutkan, gempa berpusat pada koordinat 3,65 LS dan 140,44 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 90 kilometer arah Barat Daya Kota Waris, Kabupaten Keerom, pada kedalaman 98 km.

Baca juga: Gempa 5 Magnitudo Guncang Aceh

Badan Geologi Catat Masih Ada Erupsi Kecil dan Potensi Bahaya Gunung Ruang

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono, mengatakan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Pasifik.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan oblique naik,” katanya.

Aktivitas Vulkanik Meningkat, Gunung Ibu di Halmahera Barat Naik Status Jadi Siaga

Dikatakannya, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Keerom dan Jayapura II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Triyono.

Hingga hari Senin, 7 September 2020 pukul 04.35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Triyono mengingatkan masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Kemudian, memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya