Gempa Kuat Guncang Oksibil-Bovendigoel Papua

ilustrasi gempa
Sumber :
  • vstory

VIVA – Gempa bumi mengguncang wilayah Bovendigoel, Papua, Kamis, 3 September 2020. Gempa berkekuatan 5,5 magnitudo terjadi pukul 06.25.41 WIB.

Gempa Guncang Garut, Rumah-rumah di Tasikmalaya Mengalami Kerusakan

Dari keterangan Badan Meteorologi, Kkimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki koordinat 5,35 Lintang Selatan dan 140,48 Bujur Timur. Lokasi tepatnya berlokasi di darat pada jarak 87 km arah Barat Daya Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, dengan kedalaman 27 km. 

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono.

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

Menurut Rahmat, berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa memiliki mekanisme pergerakan Oblique.

Pun, guncangan Modified Mercalli intensity (MMI) gempa ini dirasakan dalam skala IV di Oksibil. Dan, skala MMI III di Bovendigoel.

Jumlah Rumah Rusak Imbas Gempa Garut Terus Bertambah, 4 Warga Terluka

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. (ase)

Dampak Gempa Garut, Rumah-rumah di Tasikmalaya Mengalami Kerusakan

Jumlah Rumah Rusak Akibat Gempa Garut Bertambah Jadi 110

Wilayah Kabupaten Garut yang dilanda gempa 6,2 SR pada Sabtu malam, 27 April 2024 mengalami kerugian materil yang terus bertambah.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024