Pilkada 2020, Polri: 270 Daerah Punya Potensi Kerawanan Berbeda

Ilustrasi distribusi logistik pilkada serentak.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

VIVA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono mengatakan, 270 lokasi daerah yang melaksanakan Pilkada serentak 2020 punya tingkat kerawanan.

Menurut dia, dari 270 lokasi itu, rinciannya di antaranya 224 kabupaten dan 37 kota untuk dilaksanakan pilkada serentak pada 9 Desember 2020. Maka, tidak menutup kemungkinan di 270 lokasi tersebut ada daerah-daerah dianggap kurang rawan, rawan, dan sangat rawan.

“Semua wilayah dari 270 daerah yang melaksanakan pilkada serentak lanjutan 2020, tentunya semua memiliki potensi kerawanan sesuai karakteristik masing-masing daerah,” kata Awi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 11 September 2020.

Gerindra Perkenalkan Dedi Mulyadi Kandidat dalam Pilkada Jabar

Baca juga: Amankan 300.152 TPS di Pilkada 2020, Polri Siapkan 137.729 Personel

Namun, Awi mengatakan, hal itu sudah dicatat kepolisian untuk dijadikan pedoman dalam rangka melakukan deteksi dini dan mencegah dini terjadinya gangguan kamtibmas atau terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan untuk jadi dasar pengamanan oleh satuan kewilayahan.

“Terkait daerah yang sangat rawan, rawan dan kurang rawan. Tentunya hal ini menjadi data intelijen yang tidak bisa kami sampaikan,” ujarnya.

Di samping itu, Awi mengingatkan, dalam menyukseskan pilkada serentak 2020 harus berjalan aman, damai, sejuk, jujur, adil, dan tentunya aman dari COVID-19. (art)

DPC PKB Kota Yogyakarta

Putri Amien Rais Ambil Formulir di PKB untuk Maju Wali Kota Yogyakarta

Nama putri Amien Rais, Hanum Salsabiela Rais mendaftarkan diri maju di Pilkada Kota Yogyakarta melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Hanum yang merupakan mantan anggot

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024