Transkip Perbincangan Aidit dengan Mao Zedong Terkait Kudeta PKI

DN Aidit bersama Mao Zedong
DN Aidit bersama Mao Zedong
Sumber :
  • Disertasi dan buku Taomo Zhou

VIVA – Disertasi Taomo Zhou, sejarawan dari Nanyang Technology University, Singapura ternyata mengungkapkan beberapa catatan menarik terkait pergolakan politik di Indonesia yang melibatkan Partai Komunis Indonesia (PKI). Salah satunya rencana PKI untuk melakukan kudeta atau yang lebih dikenal dengan G30S/PKI.

Dari data yang didapat Taomo Zhou lewat arsip-arsip sejarah yang disimpan di Beijing, terungkap jika DN Aidit ternyata pernah mengutarakan rencananya untuk melakukan kudeta kepada Mao Zedong dan petinggi Partai Komunis Tiongkok saat ia berkunjung ke negeri Tirai Bambu itu.

Pertemuan ini juga diabadikan lewat sebuah foto jadul dimana Mao Zedong diapit DN Aidit dan istrinya, Tanti serta anggota Politbiro PKI, Jusuf  Adjitorop. Baca juga: Arsip Sejarah di Beijing Beberkan Bukti Kudeta Aidit dan PKI

Nah berikut ini transkip lengkap percakapan DN Aidit dengan Mao Zedong berdasarkan disertasi Taomo Zhou pada tanggal 5 Agustus 1965:

Mao: Saya rasa Sayap Kanan Indonesia bertekat merebut kekuasaan, apa kau juga ingin seperti itu?

Aidit: (Mengangguk) jika Soekarno mati, ini akan menjadi sebuah pertanyaan besar siapa yang akan mendapatkan kekuasaan

Mao: Saya menyarankan Anda jangan terlalu sering pergi ke luar negeri. Anda bisa mewakilkan orang nomor dua di partai Anda untuk pergi ke luar negeri sebagai gantinya.