Jejak Kucing Besar Bikin Gempar Warga Bengkalis Riau

Jejak kucing raksasa bikin resah warga Bengkalis, Riau
Sumber :
  • VIVA/Bambang Irawan

VIVA – Masyarakat Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau digemparkan dengan penemuan jejak kucing besar sejak beberapa hari terakhir.

Viral Seorang Pejabat Terekam Sedang Duel dengan Macan, Hal Ini yang Terjadi

Kekhawatiran warga semakin kuat setelah ditemukannya sejumlah ternak seperti dua ekor angsa yang mati dimangsa satwa predator. Bahkan, masyarakat menduga sempat berspekulasi bahwa jejak satwa liar jenis kucing besar itu adalah Harimau Sumatera.

Baca: Leher Terlilit Tali, Harimau Sumatera Mati Mengenaskan

Pohon Rambutan Viral! Dijaga Sama Macan

Tidak menunggu lama, tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau langsung turun ke lokasi untuk melakukan pemantauan secara langsung ke lokasi masyarakat.

Setelah dilakukan penyelidikan di lokasi, jejak satwa jenis kucing besar itu bukanlah jejak Harimau Sumatera. Sebab hasil identifikasi ahli menunjukkan jejak menyerupai Macan Dahan.

Macan Tutul Jawa Berkeliaran Resahkan Warga Lereng Gunung Sanggabuana, Prajurit Kostrad Turun Tangan

"Dilihat dari jejak yang ditemukan, satwa diperkirakan jenis kucing besar, seperti Macan Dahan, namun bukan Harimau seperti yang dikhawatirkan  masyarakat," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BBKSDA Riau, Bintang Hutajulu, Minggu 4 Oktober 2020.

Macan dahan Sumatera (Neofelis diardi diardi) ditemukan di Aceh

Melalui keterangan tertulisnya, Bintang Hutajulu juga menyampaikan, pihaknya juga memintai keterangan warga sekitar termasuk ketua rukun tetangga (RT) setempat. Dua ekor angsa milik warga telah menjadi mangsa satwa liar yang dilindungi tersebut.

Terkait dengan kejadian ini, BBKSDA Riau juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak menyebarkan informasi yang belum diketahui kebenarannya.

Kemudian warga juga diminta agar tidak memburu atau membunuh satwa yang dilindungi tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya