Demo Mahasiswa Tolak Omnibus Law Lumpuhkan Jalur Solo-Yogya

Demo tolak UU Cipta Kerja di Solo
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Ribuan mahasiswa yang tergabung dalam gerakan Solo Raya Menggugat menggelar aksi unjuk rasa di Bundaran Kartasura, Sukoharjo, Kamis, 8 Oktober 2020. Aksi tersebut menyebabkan jalur penghubung Solo, Semarang, dan Yogyakarta lumpuh.

2 Mahasiswa Psikologi Islam IAIN SAS Babel Raih Prestasi Peneliti Muda Terbaik di KNPMPI 2024

Pantauan VIVA, ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di wilayah Solo seperti Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), IAIN Surakarta, dan perguruan tinggi lainnya menggelar aksi demo menolak Undang Undang Omnibus Law Cipta Kerja.

Baca juga: MK Siap Terima Gugatan Uji Materi UU Cipta Kerja

Kasus Taruna STIP Tewas Dianiaya Seniornya, 36 Saksi Sudah Diperiksa Polisi

Demo kali ini dipusatkan di Bundara Kartasura yang menjadi akses utama menuju tiga kota, yakni Solo, Semarang, dan Yogyakarta. Para mahasiswa telah berdatangan ke lokasi aksi demo sejak pukul 14.00 WIB.

Adanya aksi tersebut, sejumlah arus lalu lintas yang akan melintasi Bundaran Kartasura dialihkan melalui jalur alternatif yang menuju tiga kota tersebut. Bahkan, akses menuju Bundaran Kartasura hanya dipergunakan bagi para peserta aksi.

Polisi Gelar Perkara Lagi Kasus Mahasiswa STIP Tewas Dianiaya Senior, Ada Tersangka Baru?

Dalam aksinya, sejumlah perwakilan mahasiswa menggelar orasi di atas truk yang sudah disulap menjadi mobil komando untuk panggung orasi. Para mahasiswa mengecam dan menolak pengesahan Undang Undang Omnibus Law Cipta Kerja.

Hingga berita ini ditulis, ribuan mahasiswa masih mengikuti aksi demo tersebut. Aksi tersebut mendapat penjagaan ketat dari petugas polisi dan TNI.

Mahasiswa USU unjuk rasa protes kenaikan UKT.(B.S.Putra/VIVA)

Uang Kuliah Tunggal Naik, Ratusan Mahasiswa USU Demo Rektor

Ratusan mahasiswa tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (BEM USU) menggelar unjuk rasa, berlangsung di Biro Rektor USU, Rabu 8 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024