Prabowo Jawab Alasan Tak Lagi Lantang: Saya Kerja Sama dengan Jokowi

Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meninjau lahan yang akan dijadikan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjawab pertanyaan banyak pihak yang  mempertanyakan sikapnya yang tak lagi lantang setelah menjabat Menteri Pertahanan.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

“Jadi begini, kita sebagai pemimpin, kita harus mengerti dan harus tahu peran apa, di saat apa, dengan cara apa. Jadi itu kita harus pandai untuk memilih tetapi nilai-nilai tidak berubah; cita-cita tidak boleh berubah,” kata Prabowo, dalam video yang dikutip dari akun Twitter Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak, Senin, 12 Oktober 2020.

Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu mengibaratkan sebuah perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya. Bisa menggunakan jalur utara atau selatan, dan itu tidak masalah karena ujungnya tetap sampai ke Surabaya.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Baca: Prabowo Ungkap Dalang dan Pemodal Demo Rusuh Omnibus Law

Prabowo memastikan, cita-cita maupun idealismenya tidak berubah yakni menegakkan Indonesia sebagai negara yang berdaulat, aman, adil, makmur. Sekarang dia mengakui harus berperan sebagai pemerintah, alih-alih oposisi seperti dahulu.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Saat itu ia di luar pemerintahan, dan saat masih menjadi calon presiden, katanya, dia menyampaikan kritik maupun saran secara lantang. “Kalau kita tidak lantang, ngantuk,” celetuknya.

Selain itu, menurutnya, latar belakanng militer sangat memengaruhinya dalam menyampaikan pesan. Dia pernah menjabat komandan jenderal Kopassus dan harus berperan sebagai pemimpin sekaligus pelatih. "Makanya kalau pelatih yang baik itu, ya, suara lantang supaya anak buahnya enggak ngantuk. Kalau rakyat ribuan, kalau saya bicara (pelan), capai dia, kasihan mereka. Jadi saya harus bangkitkan semangat,” ujarnya.

Setelah pemilu usai, menurutnya, harus ada stabilitas. Demi kepentingan bangsa dan negara, Partai Gerindra bergabung dengan pemerintah, dan Prabowo menjadi Menteri Pertahanan di kabinet Presiden Joko Widodo.

“Jadi waktu itu saya demi kepentingan nasional dan keyakinan saya bahwa saya bisa kerja sama dengan Pak Jokowi. Ada berapa pendukung saya yang sempat kecewa sama saya, tapi pribadi saya seperti itu, jangan kamu dikte,” katanya.

“Memang banyak orang anggap saya keras dan sebagainya, tapi saya juga merasa bahwa pemimpin harus memberi citra kesejukan.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya