Pantau Lalin Via Heli, Menhub: Masyarakat Jangan Lama di Rest Area

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Istiono memantau arus balik libur panjang di sejumlah wilayah dengan menggunakan helikopter pada Minggu, 23 Agustus 2020.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA –  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pantauan kondisi lalu lintas di Tol Cikampek menggunakan helikopter pada Rabu, 28 Oktober 2020. Terpantau, ada kepadatan kendaraan di kilometer 47A dan rest area kilometer 57 Tol Jakarta arah Cikampek.

Puncak Arus Balik di Tol Transjawa 1 dan 2 Januari 2024, Menhub Imbau Lakukan Perjalanan Lebih Awal

"Kami bersama tim Korlantas Polri, Bina Marga, Jasa Marga, memutuskan untuk diterapkan contraflow di KM 47. Ini salah satu cara yang sangat baik dan saya apresiasi langkah Jasa Marga, Bina Marga, Polri," kata Budi Karya.

Menurut Menhub Budi, rekayasa contraflow diberlakukan mulai hari ini dari kilometer 47A hingga kilometer 61 pada jam 08.45 ke arah timur. Diharapkan adanya penerapan contraflow kepadatan mulai mencair di titik tersebut.

INFOGRAFIK: Daftar Rest Area Tol Pulau Jawa

Selain itu, Budi mengatakan titik kemacetan juga biasanya terjadi di rest area kilometer 57. Makanya, sementara ini rest area KM57 ditutup dulu untuk mengurai kepadatan kendaraan yang ingin berlibur panjang.

"Kami menyarankan agar masyarakat tidak mampir terlalu lama di rest area," ujarnya.

Ada 1.040 Flight per Hari di Bandara Soetta, Menhub: Ini Tanda Kebangkitan Penerbangan RI

Selain itu, Budi Karya mengatakan pantauan udara di wilayah Tol Cipali terlihat masih lancar. Karena, menurut dia, waktu keberangkatan masyarakat kemungkinan pada Kamis, 29 Oktober 2020.

Sementara itu, menurut Budi, arus balik ke arah Jakarta diprediksi terjadi pada Minggu, 1 November 2020. Untuk itu, masyarakat sebaiknya yang bepergian supaya mengatur waktu kepulangannya sebelum hari Minggu.

Ia mengimbau demikian aga r tidak terjadi kepadatan volume kendaraan saat arus balik dari liburan panjang ini.

"Saya sarankan yang bisa pulang terlebih dahulu bisa pulang agar tidak macet," jelas dia. (ase)

Baca Juga: Kakorlantas: Arus Mudik Libur Panjang Malam Ini Terpantau Landai

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya