Semua Gajah Sumatera akan Dipasangi GPS Collar

Induk gajah sumatera dan seekor bayinya yang lahir di Convertation Respon Unit.
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, Riau, Suharyono terus melakukan inovasi dalam meminimalisir konflik manusia dengan satwa dilindungi. 

Gajah Sumatera, Hewan Penjaga Ekosistem di Hutan

Salah satunya adalah dengan pemasangan GPS Collar pada seluruh gajah sumatera. Upaya ini diharapkan akan selesai hingga 2021.

"Tahun depan semua kelompok gajah sumatera sudah terpasang GPS Collar," Suharyono dikutip Kamis, 29 Oktober 2020.

Jangan Olahraga Sendirian, Carilah Pendamping

Baca juga: Fadli Zon: Generasi Milenial Ketiban Warisan Utang Menggunung

Suharyono menambahkan, KSDA Riau telah bekerjasama dengan Rimba Satwa Foundation (RSF), Perkumpulan Gajah Indonesia (PGI), penggiat satwa. Sehingga dengan dukungan pihak ketiga ini dapat mempermudah dan memaksimalkan pemasangan GPS Collar.

Gajah Sumatera, Kambing Hingga Ular, Ikut Upacara HUT RI di Bali

Tim gabungan sudah bergerak sejak tanggal 20 Oktober hingga 26 Oktober 2020. Kemungkinan proses dan waktu kerja akan ditambah bilamana target belum tercapai.

Saat ini, baru tiga GPS Collar yang sudah terpasang. Tiga ekor gajah jinak turut dilibatkan dalam proses pengerjaan pemasangan peralatan berhasil teknologi tersebut. 

Coros Vertix 2S.

Coros Rilis Vertix 2S, Ini Spesifikasi dan Harganya

Brand jam tangan GPS yang kini sedang naik daun di kalangan atlet dan pencinta olahraga, Coros mengumumkan peluncuran smartwatch terbaru mereka yakni, Coros Vertix 2S.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024