Ancaman buat Oknum Brimob yang Banting Anak Kucing

Oknum Brimob yang lempar anak kucing ke parit
Sumber :
  • Instagram @christian_joshuapale

VIVA – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono, mengatakan pihaknya sedang menyelidiki adanya video yang beredar terkait pria berseragam Brimob membanting anak kucing ke parit.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Menurut Awi, apabila memang benar pria yang banting kucing itu merupakan anggota Brimob, maka akan ada hukuman baginya yakni terkait dengan kode etik profesi Polri dan etika kepribadian.

Tonton Video Oknum Brimob Banting Anak Kucing ke Parit

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

"Polri sedang menyelidiki video tersebut. Kalau betul yang di video oknum anggota Brimob, tentunya akan ditindak sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Awi saat dikonfirmasi pada Kamis, 6 November 2020.

Ia mengatakan, jika pria itu benar anggota Brimob, maka dia telah melanggar Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2011 tentang kode etik profesi Polri, etika kepribadian sebagaimana Pasal 11 huruf c.

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

"Setiap anggota Polri wajib menaati dan menghormati norma kesusilaan, norma agama, nilai nilai kearifan lokal dan norma hukum," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, video berdurasi 13 detik itu viral di Instagram. Video itu memperlihatkan oknum anggota Brimob membanting anak kucing ke parit di suatu wilayah di Indonesia. Pria yang memakai seragam dinas Brimob itu terlihat santai usai melempar anak kucing.

Pantauan VIVA di akun instagram @christian_joshuapale Kamis 5 November 2020, Brimob yang memakai seragam hitam lengkap dengan simbol polisi itu awalnya menenteng anak kucing berwarna putih ke pinggir parit. 

Dengan sekuat tenaga, Brimob tersebut membanting anak kucing hingga tercebur air di dalam parit. Aksi Brimob terseut mendapat hujatan warganet. Semuanya mengecam dan akan mencari tahu identitas pelaku.

TOLONG TANDAI WAJAH OKNUM INI!
Aku minta maap pagi-pagi dah posting video kekerasan tapi aku butuh info dari temen-temen semua untuk mencari identitas wajah dari oknum anggota aparat yang melakukan secara sadar kekerasan terhadap dedek empus ini

Aku tau aku berhadapan dengan kekuatan besar tapi kalo tidak aku proses maka tindakannya ini akan mencemarkan nama lembaga yang menaunginya dan dijadikan contoh pelaku-pelaku kekerasan lainnya.

Pengacara kondang Sunan Kalijaga ikut berkomentar.Dia meminta Mabes Polri untuk mengusut siapa orang yang ada di dalam video tersebut. Begini isi kecamannya:

@sunankalijaga_sh: @divisihumaspolri OKNUM PELAKU DAN PEMBUAT VIDEO HARUS MENDAPATKAN SANGSI OLEH KESATUANNYA KARENA PERBUATANNYA YANG TIDAK PANTAS KEPADA MAHLUK CIPTAAN TUHAN YANG KECIL DAN LEMAH, MARI KITA DOAKAN OKNUM PELAKU MENDAPATKAN HIDAYAH.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya