Tifatul Diangkat Datuk di Minangkabau

VIVAnews - Meski di namanya terlekat marga Sembiring, marga khas Batak Karo, dari sisi ibunya, Tifatul Sembiring, merupakan keturunan Minangkabau. Secara matrilineal, Tifatul Sembiring termasuk dalam marga (atau disebut "suku"di Minangkabau) Koto.

Tifatul beribukan orang Guguak Sarojo, Kecamatan Ampek Koto, Kabupaten Agam, sebuah kampung kecil tak jauh dari kota wisata Bukittinggi. Dan hari ini, Sabtu 27 Februari 2010, Tifatul yang sekarang menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika ini diangkat menjadi pemimpin suku atau disebut sebagai Datuk.

"Gelarnya Datuak Tumangguang," kata staf khusus Tifatul, Ahmad Mabruri, saat dihubungi VIVAnews melalui telepon. "Datuak dari suku Koto."

Upacara penobatan gelar ini diadakan di Guguak secara besar-besaran. Masyarakat dan para pemimpin adat berkumpul di balai adat setempat untuk melihat upacara penobatan ini.

Meski matrilineal, kepemimpinan adat dalam masyarakat Minangkabau dipegang oleh laki-laki yang bergelar Datuk. Gelar ini diwariskan dari paman (saudara laki-laki ibu) kepada kemenakan. Artinya dalam hal ini, Tifatul mendapatkan gelar ini dari saudara laki-laki ibunya.

Penampakan Banjir di Porto Alegre Brasil, Pesawat Terendam hingga Stadion Berubah Jadi Kolam
Head Unit Wuling Cloud EV

Mengetahui Perbedaan Mode Berkendara Eco dan Eco+ di Wuling Cloud EV

Wuling Motors resmi membuka keran pemesanan untuk Cloud EV. Mobil listrik ini memiliki empat mode berkendara, yaitu Eco, Eco+, Normal, dan Sport.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024