Kota Langsa Diguncang Gempa 4.9 SR, Belum Ada Laporan Kerusakan

Ilustrasi seismograf pencatat gempa bumi
Sumber :
  • VIVA/Ifan Beto

VIVA – Kota Langsa, Aceh, diguncang gempa tektonik berkekuatan 4.9 skala Richter pada pukul 10.51 WIB, Kamis, 3 Desember 2020. Gempa yang berlokasi di darat pada jarak 21 kilometer arah barat laut dari kota Langsa ini, berada pada kedalaman 8 kilometer.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas sesar di Zona Struktur Sabuk Lipatan-Sesar Anjak Langsa," kata Kepala Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan data BMKG, guncangan akibat gempa dirasakan di wilayah Langsa, Ramiah, Kemuning, Tualancut dan sekitarnya dalam skala intensitas III MMI. Dalam skala ini, gempa akan terasa seakan-akan ada truk yang berlalu.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," ujar Daryono.

Di lokasi yang sama juga pernah terjadi gempa berkekuatan 5.1 SR pada 27 September 2018 yang lalu. Gempa ini memiliki mekanisme sesar naik (thrust fault). Gempa saat itu guncangannya lebih kuat daripada yang terjadi saat ini, karena dirasakan di daerah Langsa dalam skala intensitas III-IV MMI.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Daryono menyebut jika dilihat dari aktivitas kegempaan Sesak Anjak Langsa, tampak bahwa zona sesar ini sangat aktif karena tampak dari kluster pusat gempa yang cukup padat di sekitar Bayeuen, Birimrayeu dan Jambo Campli.

"Melihat aktivitasnya maka Sesar Anjak Langsa merupakan sumber gempa yang patut diwaspadai di Langsa," kata dia. (ase)

Baca juga: Pengacara: Banyak Kejanggalan dalam Penangkapan Ustaz Maaher

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya