Soal Benny Wenda, Ketua MPR Minta Menlu Panggil Dubes Inggris

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Foto/Instagram/Bamsoet)
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo, meminta tindakan tegas atas deklarasi Benny Wenda yang menyebut dirinya sebagai Presiden Papua Barat. 

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Jalur diplomasi, menurut pria yang akrab disapa Bamsoet itu, juga harus dilakukan oleh pemerintah RI dengan memanggil Duta Besar Inggris

"Mendukung pemerintah RI untuk mengambil tindakan tegas dan terukur termasuk melalui langkah-langkah diplomatik serta menggunakan alat negara dalam rangka menjaga marwah dan mempertahankan kedaulatan NKRI," kata Bamsoet melalui virtual, Kamis, 3 Desember 2020.

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Baca juga: Mahfud MD Ungkap Dana Papua Besar, Tapi Dikorupsi Elit di Sana

Bamsoet meminta Menlu Retno Marsudi memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia. Hal itu karena deklarasi Benny Wenda dilakukan di negara Ratu Elizabeth itu.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

"MPR berpandangan penting untuk memanggil dalam hal ini pemerintah melalui Menteri Luar Negeri, memanggil Duta Besar Inggris untuk meminta penjelasan mengenai posisi pemerintah Inggris terkait kegiatan kelompok separatis Papua Benny Wenda sesuai dengan hukum internaisonal yang berlaku," kata Bamsoet.

Bamsoet menilai, pemerintah Indonesia perlu menyampaikan nota diplomatik kepada Inggris mengenai permasalahan ini. Termasuk menyampaikan kepada Vanuatu yang dikenal pro dengan kemerdekaan Papua.

"Menyampaikan nota diplomatik posisi Indonesia yang tegas soal Papua baik kepada pemerintahan Inggris maupun negara-negara pasifik yang mendukung gerakan separatis, termasuk Vanuatu," kata politikus Partai Golkar itu.

Sebelumnya, pemerintah bereaksi atas deklarasi Benny Wenda sebagai Presiden Papua Barat. Menko Polhukam Mahfud MD juga menyatakan apa yang dilakukan oleh Benny adalah bentuk makar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya