Dr. Muryanto Amin Terpilih Jadi Rektor USU 2021-2026

Dr. Muryanto Amin terpilih jadi Rektor USU 2021-2026
Sumber :
  • usu.ac.id

VIVA – Dr. Muryanto Amin terpilih dan ditetapkan sebagai Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) periode 2021-2026. Penetapan tersebut berdasarkan hasil sidang pemilihan dan penetapan yang dilakukan Majelis Wali Amanat (MWA) USU di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta, Kamis 3 Desember 2020.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Dalam voting tersebut, Muryanto memperoleh 18 suara (57,75 persen) dengan mengungguli pesaingnya yakni Prof. Farhat dengan memperoleh 11 suara (35,75 persen) dan Prof. Muhammad Arif 2 suara (6,5 persen). 

Hadir pada kesempatan tersebut Direktorat Jenderal Dikti Muhammad, Nizam yang bertindak mewakili menteri, Sekretaris Daerah Sumatera Utara Sabrina yang mewakili gubernur serta seluruh anggota MWA lainnya. 

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Ketua MWA USU, Kartini Sjahrir Panjaitan usai pemilihan mengatakan selamat atas terpilihnya rektor baru USU Muryanto Amin yang akan menggantikan Runtung Sitepu periode depan. “Semoga USU akan lebih baik di bawah kepemimpinan Muryanto Amin," sebut Kartini dalam keterangan tertulis diterima VIVA.

Muryanto Amin dalam pernyataan singkatnya berterima kasih kepada MWA yang telah melakukan pemilihan rektor ini dengan baik dan lancar. Dengan pemilihan rektor ini, ia  juga mengajak seluruh civitas akademika (pimpinan, dosen, tendik dan mahasiswa) USU untuk tetap bekerja sama bahu-membahu membangun USU ke depan. 

“Ke depan tugas kita semakin berat karena harus tetap mempertahankan apa yang sudah diraih pimpinan sebelumnya bahkan harus lebih meningkat lagi," tutur Rektor Muryanto.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

Muryanto Amin merupakan alumni Fisip USU angkatan 1992. Dia lahir di Medan 30 September 1974 dan berhasil menjadi rektor USU setelah melewati tahapan penyaringan yang dilakukan oleh Senat Akademik USU.

Jenjang Magister dan Doktor Ilmu Politik diraihnya dari Universitas Indonesia. Muryanto merupakan dosen di Program Studi Ilmu Politik yang juga dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU pada saat ini. 

Pemilihan rektor USU sudah dimulai sejak Oktober 2020, diawali dengan pemilihan anggota MWA wakil masyarakat. Selanjutnya pendaftaran calon rektor yang dimulai pada 6 November 2020 dengan terdapat 7 orang pendaftar, 6 dari USU dan 1 dari luar USU.

Selanjutnya, ditetapkan 6 calon yang memenuhi syarat untuk maju pada tahap audisi. Pada tahap ini 2 calon mundur, tersisa 4 calon yang dibawa ke Senat Akademik. Kemudian Senat Akademik melakukan penjaringan untuk memilih 3 orang calon rektor USU yang akan dipilih oleh MWA. 

MWA USU terdiri atas 8 orang wakil Senat Akademik, 10 orang wakil masyarakat, dan 3 orang ex officio yaitu rektor USU, gubernur Sumut, dan mendikbud. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya