KPK Tahan Mensos Juliari Batubara

mensos Juliari Batubara
Sumber :
  • Biro Humas Kemensos

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara dan anak buahnya Adi Wahyono selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Sosial (Kemensos), usai menjalani pemeriksaan, Minggu, 6 Desember 2020.  

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Juliari dan Adi Wahyono ditahan sebab tersangka kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020. 

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan, Juliari dan Adi akan menjalani masa penahanan untuk 20 hari pertama di dua Rumah Tahanan (Rutan) berbeda. 

Mensos Risma Ungkap Anggaran Kemensos 2024 Turun, Ini Penyebabnya

Juliari ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur, sementara Adi ditahan di Rutan Polres Jakarta Pusat. 

Dengan demikian, Juliari dan Adi Wahyono akan mendekam di sel tahanan setidaknya hingga 25 Desember 2020.

Otto Hasibuan soal MK Panggil 4 Menteri Jokowi: Kami Fine-fine Saja

"Untuk kepentingan Penyidikan, KPK melakukan penahanan para tersangka selama 20 hari terhitung sejak tanggal 6 Desember 2020 sampai dengan 25 Desember 2020," kata Firli Bahuri di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan. 

Sebelum masuk sel, Juliari dan Adi akan menjalani isolasi mandiri di Rutan Gedung KPK Kavling C1 atau Gedung KPK lama. Isolasi mandiri ini merupakan bagian dari protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona. 

"Sebagai protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19, maka tahanan akan dilakukan isolasi mandiri selama 14  hari di Rutan Cabang KPK pada Gedung ACLC KPK di Kavling C1," kata Firli.

Baca juga: Mensos Tersangka KPK, Jokowi Pastikan Tak Akan Lindungi Koruptor

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya