Jokowi Tegaskan Uang Negara Tersedia untuk Vaksin Gratis

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Biro Pers Istana Negara

VIVA – Presiden Joko Widodo penuh percaya diri memberikan keterangan pers terkait vaksin COVID-19 gratis kepada masyarakat. Menurut Jokowi, uang negara cukup membiayai vaksin anti-Corona kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Kepala Negara memerintahkan seluruh jajarannya untuk menyiapkan hal ini.

"Saya instruksikan dan saya perintahkan kepada seluruh jajaran kabinet, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021," kata Jokowi, Rabu 16 Desember 2020.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi, gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," tutur Presiden.

Jokowi juga meminta Kementerian Keuangan untuk mengonsolidasikan kas negara di setiap kementerian/lembaga demi kebutuhan vaksin. Dari berbagai pertimbangan itu, kata Jokowi, tidak ada lagi alasan masyarakat tidak menerima vaksin.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Kepada Kementerian Keuangan untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan dan vaksinasi secara gratis ini. Sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin," ujar Presiden.

Presiden terpilih Prabowo Subianto (Dok. Istimewa)

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto mengaku dirinya tengah fokus mempersiapkan diri jelang pelantikan pada Oktober mendatang.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024