Ridwan Kamil Terpilih Jadi Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas

Ridwan Kamil terpilih jadi Ketua Umum Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM)
Sumber :
  • ADPM

VIVA – Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM). Hal itu diputuskan dalam Musyawarah Nasional (munas) ke-IV ADPM yang berlangsung di Bali, 21 Desember 2020.

Ajakan Rujuknya Ditolak, Pria Bakar Mobil dan Rumah Mantan Istri

Pada kesempatan tersebut, Emil, sapaan akrabnya, menegaskan arah juang ADPM ke depan adalah mendorong kesejahteraan rakyat. Khususnya dengan mengimplementasikan sila ke-V yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dari hasil kekayaan bumi berupa minyak dan gas (migas).

"Saya diamanati menjadi ketua ADPM lima tahun ke depan. Insya Allah dalam satu bulan akan ada kepengurusan baru dan kita ada semangat sila ke-V menjadi dasar perjuangan ADPM," kata Emil dikutip dari keterangan tertulis, Selasa, 22 Desember 2020.

Pertamina Geothermal Energy Cetak Laba Bersih US$47,49 Juta Kuartal I-2024

Baca juga: Jokowi Akan Kenalkan Calon Menteri Baru, Ini Pesan Emil Salim

Emil mengaku akan melanjutkan berbagai program strategis yang dicanangkan oleh kepengurusan ADPM sebelumnya. Termasuk, merespons berbagai harapan anggota ADPM yang disampaikan dalam Munas ke IV. 

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

"Tentu saya akan melanjutkan keberhasilan pengurusan sebelumnya," kata dia. 

Emil melanjutkan, ada banyak harapan dari daerah penghasil migas. Salah satunya, agar peran daerah bisa lebih besar dari yang sekarang, serta dapat memenuhi keadilan ekonomi dari sisi migas ini terus diperbaiki.

"Juga ada harapan ADPM ini merespons juga potensi-potensi pergeseran sumber energi yang perlu diantisipasi," tuturnya.

Namun, meskipun ke depannya ADPM akan melirik potensi sumber energi terbarukan, Emil menegaskan, ADPM tetap mendorong pengelolaan sumber daya energi dari sektor migas secara optimal.

"Kita akan mengantisipasi berbagai sumber energi terbarukan tanpa meninggalkan migas yang masih ada dalam 50 tahun ke depan," kata dia.

Provinsi Jawa Barat sendiri diketahui juga memiliki Badan Usaha Daerah (BUMD) yang bergerak di sektor hulu migas yakni bernama PT Migas Hulu Jabar ONWJ. (ase)

Baca juga: Kata Ahok soal Menteri yang Tertangkap Gara-gara Sembako

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya