Ini Fungsi Sea Glider, Benda Mirip Drone yang Ditemukan di Selayar

Benda diduga drone yang ditemukan nelayan di Selayar.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengungkapkan bahwa benda asing yang ditemukan oleh nelayan di perairan Selayar, Sulawesi Selatan merupakan sea glider. Hal itu sekaligus menampik dugaan benda itu merupakan sebuah drone

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

“Hari ini saya akan menyampaikan tentang alat atau sea glider yang kemarin ditemukan nelayan dari Desa Majapahit, Selayar,” ucap Yudo, Senin 4 Januari 2021. 

Adapun Yudo Margono memberikan gambaran sea glider tersebut, di mana alat tersebut biasa digunakan untuk keperluan survei maupun juga data oseanografi.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

“Sekilas tentang sea glider. Alat ini banyak digunakan untuk survei atau untuk mencari data oseanografi di laut, di bawah laut,” ucap Yudo. 

Benda yang terbuat dari aluminium dengan dua sayap 50 sentimeter (cm), panjang bodi 225 cm, propeller 18 cm di bawah, panjang antena belakang 93 cm itu bisa digunakan untuk industri maupun militer.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Industri yang biasa menggunakan alat itu seperti pertambangan untuk keperluan pengeboran. Selain itu, industri perikanan menggunakan alat semacam ini untuk menangkap ikan.

"Alat ini bisa digunakan untuk industri maupun digunakan untuk pertahanan. Tergantung siapa yang memakai," kata Yudo. 

Yudo menambahkan, data oseanografi yang diperoleh sea glider saat menyelam di lautan tersebut juga bisa diakses secara jarak jauh. "Ini bisa diakses melalui website oleh semua yang bisa mengakses data," ungkap Yudo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya