Ini Rencana 100 Hari Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri

Calon Kapolri Komjen Pol Listyo SIgit Prabowo
Sumber :
  • Divisi Humas Polri

VIVA – Kepala Bareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan akan menuntaskan kasus-kasus yang menjadi perhatian publik dalam 100 hari ke depan setelah dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Joko Widodo. Karena Listyo sudah disahkan jadi Kapolri oleh Komisi III DPR RI.

Anggota Brimob, Ingat Baik-baik Pesan Kapolri Ini

"(Dalam) 100 hari ke depan, tentunya kami sudah menyiapkan program-program yang langsung bisa kami laksanakan. Salah satunya penuntasan kasus-kasus yang menjadi perhatian publik, yang saat ini ditunggu-tunggu," kata Listyo pada Rabu, 20 Januari 2021.

Baca juga: Kasdim Gresik Meninggal Usai Disuntik Vaksin Sinovac, Begini Faktanya

Tengok Cara Kapolri Ciptakan Iklim Investasi Kondusif

Selain itu, Listyo akan melakukan sejumlah perubahan di kepolisian sektor (Polsek) sebagai basis resolusi. Makanya, kata dia, perlu dilakukan perubahan postur pelayanan Polri terhadap masyarakat dengan meningkatkan transparansi dalam penanganan perkara.

"Mudah-mudahan semuanya bisa tepat waktu sehingga ada yang bisa kami lakukan dalam 100 hari, jangka menengah dan jangka panjang," ujarnya.

Kapolri Perintahkan Jajaran Bayar dan Laporkan Pajak

Di samping itu, Listyo juga tidak mau mendengar lagi ada istilah kepolisian melakukan kriminalisasi terhadap masyarakat. Ke depan, kata dia, Polri akan membuka ruang komunikasi antara masyarakat dengan kepolisian. Akan tetapi, komunikasi itu tidak serta merta menghilangkan unsur tindak pidana.

"Saya kira mudah-mudahan ke depan dengan komunikasi yang baik, tidak ada lagi hal-hal yang bahasa kriminalisasi. Namun demikian, kalau ada proses penegakan hukum yang kami lakukan bukan karena kriminalisasi, namun karena ada tindak pidana yang terjadi," jelas dia.

Tentu, Sigit berharap institusi Polri kembali dipercaya masyarakat dengan adanya terobosan presisi atau prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan. Meskipun menegakkan hukum secara tegas, tapi tetap humanis, transparan dan mampu melayani dengan memenuhi rasa keadilan bagi masyarakat.

"Kami sampaikan bahwa program Kapolri ke depan adalah bagaimana membawa polisi yang presisi. Ini merupakan kelanjutan dari brand strategy yang diturunkan pimpinan Polri sebelumnya. Kami yakin solid, maka wajah Polri ke depan bisa kita wujudkan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya