Pedagang Mogok, Pemprov DKI Siapkan Daging Sapi Beku di 5 Titik

Ilustrasi daging sapi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengambil langkah antisipasi terkait aksi mogok jualan sejumlah pedagang daging sapi di Jabodetabek. Melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Pemprov DKI menyiapkan daging sapi beku di lima titik dengan harga yang cukup terjangkau.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati, mengatakan, lima lokasi yang menyediakan daging sapi beku itu tersebar di berbagai tempat di ibu kota. Titik tersebut di antaranya Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, TTIC Rawa Sari, TTIC Klender, TTIC Pangkalan Jati, dan TTIC Kalideres.

"Masyarakat Jakarta yang memerlukan daging sapi dapat membelinya di lima TTIC. Harga jual daging sapi di TTIC berkisar Rp 70.000-90.000 per kilogram sesuai spesifikasi daging," kata Suharini dalam keterangannya Kamis, 21 Januari 2021.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Baca juga: Harga Daging Sapi Naik, Pedagang di Pasar Senen Mogok

Toko Tani Indonesia Center tersebut menjual daging sapi beku baik secara offline maupun online, dengan tujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat. TTIC bekerja sama dengan Gojek sehingga daging sapi beku bisa dipesan melalui fitur Gofood yang ada di aplikasi Gojek.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

"Daging murah ini digelar setelah Dinas KPKP berkoordinasi dengan Badan Ketahanan Pangan (BKP) melalui TTIC/Pasar Mitra Tani," ujarnya.

Suharini menambahkan, Kementerian Perdagangan juga telah berkoordinasi dengan Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) DKI Jakarta. Diharapkan dari koordinasi tersebut dapat mencarikan solusi para pedagang daging di pasar tradisional untuk mengakhiri aksi mogok para pedagang.

"Pantauan petugas kami di pasar tradisional dan informasi dari Perumda Pasar Jaya hari ini di beberapa pasar pedagang daging sapi sudah ada yang berjualan. Namun daging yang dijual merupakan stok daging sebelum aksi mogok," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya