Banyak Pesawat Jatuh, AHY Minta Pemerintah Evaluasi Transportasi Udara

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, alias AHY di kantor tvOne.
Sumber :

VIVA - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), meminta pemerintah mengevaluasi peristiwa kecelakaan melalui transportasi udara. Karena menurut dia, masyarakat membutuhkan transportasi yang paling cepat dan aman.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

“Moda transportasi udara masih menjadi pilihan, bahkan menjadi backbond bagi tumbuhnya perekonomian di negeri kita. Kita tahu pertumbuhan ekonomi ditentukan dengan seberapa cepat dan banyak terjadinya lalu lintas manusia atau barang dan jasa,” kata AHY melalui keterangannya pada Rabu, 24 Februari 2021.

Menurut dia, apabila sektor penerbangan semakin maju dan berkembang, tentu ketimpangan etimologi yang dimaksudkan bisa semakin baik. Tentu harapannya semua ingin Indonesia maju bukan cuma ibu kota saja, melainkan semua wilayah.

Jakarta LavAni Menang, AHY Berharap Hattrick Juara Proliga

“Kita selalu menjadi momentum kejadian evaluasi, yang pasti harus memilih keselamatan. Ke depan transportasi udara semakin baik,” ujarnya.

Baca juga: Jokowi: Keselamatan Penumpang Pesawat adalah Hal Utama

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

Sementara itu Ketua Umum Insan Muda Indonesia (IMDI), Michael Wattiena, berharap peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang di Karawang, Jawa Barat, dan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 di Kepulauan Seribu tidak terulang lagi.

“Kita berharap agar pemerintah lebih memperhatikan dan meningkatkan mutu pelayanan serta keselamatan transportasi udara, darat dan laut. Transportasi melalui udara masalah serius, karena bilamana musibah terus terjadi dampaknya sangat dahsyat," kata mantan pimpinan Komisi V DPR itu.

Menurut dia, pemerintah harus bersikap tegas terhadap maskapai jika terbukti melakukan kelalaian. Kemudian, pihak maskapai juga harus mengevaluasi dan belajar dari peristiwa penyebab jatuhnya pesawat dengan mengacu hasil investigasi Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Pilot dan teknisi penerbangan ke depan dapat memperhatikan kerusakan atau masalah apa saja yang sering menjadi penyebab jatuhnya pesawat. Perkembangan teknologi akan mempermudah dengan selalu melakukan pemeliharaan secara berkala,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya