Wakil Menag Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatirkan Vaksin AstraZeneca

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid (Foto dokumentasi)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Vaksin AstraZeneca yang didatangkan dari Inggris, sempat menuai polemik. Di Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) sempat mengeluarkan hasil kalau vaksin itu haram tapi bisa digunakan mengingat pandemi COVID-19. Meski demikian, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak ragu menggunakan vaksin AstraZeneca. 

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Selain dari MUI, juga izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EAU) terhadap penggunaan vaksin AstraZeneca di Indonesia dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Masyarakat luas diminta untuk tidak menjadikan polemik masalah adanya perbedaan pendapat fatwa tentang kehalalan vaksin AstraZaneca. 

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Baca juga: Mantan Ajudan Sebut Juliari Gunakan Pesawat Pribadi saat Kunker

"Karena baik yang memfatwakan halal maupun yang tidak berkesimpulan bahwa vaksin AstraZeneca boleh digunakan karena ada unsur kedaruratan dan kebutuhan syar'i yang  mendesak yaitu mengatasi pandemi COVID-19 yang sudah banyak menelan korban jiwa manusia," kata Zainut Tauhid Sa'adi di Jakarta, Senin, 22 Maret 2021. 

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Dalam ajaran agama, lanjut dia, menjaga keselamatan jiwa manusia itu harus lebih diutamakan dan didahulukan. Dengan program vaksinasi, diharapkan dapat mencapai kekebalan kolektif atau herd immunity. Sehingga dapat menekan laju penyebaran COVID-19 dan masyarakat selamat dari bahaya virus Corona. Pemerintah telah menargetkan herd immunity masyarakat bisa tercapai pada Maret 2022. 

"Untuk hal tersebut kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut mendukung program pemerintah tersebut agar masyarakat terbebas dari virus Corona," katanya. 

Menteri Kesehatan RI  Budi Gunadi Sadikin

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Penyakit arbovirosis atau infeksi yang disebabkan oleh sekelompok virus yang menyebar ke manusia melalui gigitan serangga, terus mengancam secara global. Termasuk DBD.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024