Ngabalin: Reshuffle Kabinet Cuma Soal Waktu

Ali Mochtar Ngabalin
Sumber :
  • Andry D/VIVA.

VIVA - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin, mengatakan rencana perombakan atau reshuffle kabinet sebenarnya sudah di depan mata. Hanya saja, keputusan itu merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi sehingga tinggal menunggu waktu kapan diumumkan.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Baginya, reshuffle kabinet adalah suatu hal yang pasti terjadi karena Presiden Jokowi sendiri telah bersurat kepada parlemen mengenai pembentukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan peleburan Kementerian Riset dan Teknologi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ditambah lagi, nomenklatur baru bernama Kementerian Investasi.

"Kenapa soal waktu, karena itu kan yang diajukan oleh Bapak Presiden untuk mendapat persetujuan DPR. Jadi setelah DPR setuju, jadi tidak mungkin dikasih tinggal diam itu barang," kata Ngabalin saat dihubungi, Selasa, 20 April 2021.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Baca juga: Reshuffle Makin Dekat, Ini Ciri-ciri Menteri yang Bakal Dicopot Jokowi

Mengenai soal waktu, Ngabalin menjelaskan bahwa adanya peleburan dan nomenklatur baru itu sudah pasti karena menunggu penataan lembaga. Ketika disinggung penataan lembaga, ia membenarkan, hal tersebut juga menyangkut belum diterbitkannya peraturan presiden.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Perpres nanti bakal secara rinci menjabarkan fungsi, kedudukan dan lain sebagainya mengenai tiga lembaga baru.

"Jadi soal penataan kelembagaan dan momentum yang tepat," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, kasak-kusuk soal perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju isunya akan dilakukan Presiden Jokowi dalam waktu dekat. Kabar reshuffle makin menguat dan jadi perhatian publik di tengah bulan Ramadhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya