Detik-detik Kabinda Papua Brigjen Putu Tewas Ditembak KKB

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Ignatius Yogo Triyono
Sumber :
  • Antara

VIVA – Panglima Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Ignatius Yogo Triyono menyatakan Kepala Badan Intelijen (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya meninggal dunia ditembak Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sekira jam 15.30 WIT Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Detik-detik Satgas Tempur TNI Pukul Mundur Gerombolan OPM di Distrik Homeyo

“Kronologisnya sekira jam 15.30 WIT di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak terjadi kontak tembak. Kemudian Kabinda terkena tembak dari OPM,” kata Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Minggu, 25 April 2021.

Data yang dihimpun mengungkapkan, korban Brigjen TNI Putu ke kampung Dampet sekitar pukul 09.20 WIT, bersama tujuh anggota menggunakan empat sepeda motor.

TNI-Polri Berhasil Tangkap Anggota KKB Pelaku Pembunuhan Danramil Aradide

Saat berada di kampung Dambet itulah Brigjen TNI Putu tertembak dan meninggal akibat luka tembak yang dialaminya. Sedangkan anggota yang lain dinyatakan selamat.

Pangdam menjelaskan, hingga saat ini mereka masih kesulitan melakukan komunikasi ke lokasi kejadian, namun sudah terkonfirmasi Kabinda gugur dari tembakan OPM.

Baku Tembak, TNI-Polri Berhasil Adang KKB yang Hendak Serang Polsek dan Koramil

“Sekarang kami masih sulit komunikasi ya, tapi benar tadi sore Kabindan tertembak di Beoga,”ujarnya.

Lanjut dia, Kabinda ditugaskan ke Beoga dan Ilaga sejak adanya aksi penembakan terhadap guru dan pembakaran sekolah di sana oleh OPM, maka semua unsur TNI dan kekuatannya bergerak ke Ilaga dan Beoga untuk mendeteksi, mencari dan mengamankan daerah Ilaga dan Beoga dari serangan OPM.

“Sehingga almarhum ini berangkat ke Beoga mendeteksi OPM yang melakukan penembakan guru dan pembakaran gedung sekolah dalam sepekan ini,” ucap Pangdam Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono.

Ia menambahkan, TNI-Polri saat ini masih menelusuri luka korban di bagian mana almarhum tertembak hingga meninggal dunia. Direncanakan besok pagi jenazah almarhum dievakuasi ke Timika dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Timika.

Baca juga: Pelaku Penembakan Kabinda Papua Disebut Ulah KKB Lekagak Telengen

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya