Berduka, Fadjroel Rachman Unggah Foto Brigjen IGP Danny dengan Jokowi

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman menyampaikan rasa duka atas gugurnya Kepala BIN Daerah Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha yang ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Evaluasi Mudik 2024, Muhadjir Ungkap Sejumlah Catatan dari Jokowi

Namun, ucapan belasungkawa Fadjroel disampaikan dengan cara mengunggah foto Brigjen Putu Danny lagi bersama Presiden Jokowi saat naik perahu karet. Unggahan itu melalui Twitternya yang bercentrang biru, @fadjroeL.

Terlihat, Brigjen Putu Danny memakai seragam dinas dengan baret merahnya duduk di perahu karet sebelah Presiden Jokowi. Sementara, Presiden Jokowi memakai rompi karet orange dan topi hitam.

"Presidential Club" yang Digagas Prabowo Jembatani Presiden Terdahulu, Menurut Pengamat

RIP. Selamat jalan Brigjen (TNI) I Gusti Putu Danny Nugraha Karya. Terima kasih untuk pengabdian sampai akhir hayat kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Merah Putih,” demikian tulis Fadjroel dikutip VIVA pada Senin, 26 April 2021.

Brigjen IGP Danny tewas ditembak KKB pada Minggu, 25 April 2021. Saat itu, Satgas BIN dengan Satgas TNI-Polri melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet Distrik Beoga, Kabupaten Puncak dalam rangka observasi lapangan dan pengejaran bersama Pasukan TNI-Polri untuk pemulihan keamanan di sekitar SDN Dambet dan Honai Milik Benert Tinal (Kepala Suku Distrik Beoga).

Anggota Bawaslu di Intan Jaya Ngaku Disandera oleh KKB, Dipalak Rp150 Juta

Daerah itu sempat diteror KKB pada 17 April 2021. Saat melakukan perjalanan itu, Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri dihadang oleh KKB sekira jam 15.50 WIT. Aksi baku tembak terjadi di sekitar gereja Desa Dambet, Beoga, Puncak.

Akibat kontak tembak tersebut, mengakibatkan korban dari Satgas BIN, Kabinda Papua Papua Brigjen IGP Danny Nugraha Karya tertembak di bagian belakang kepala dan tembus depan kepala yang mengakibatkan gugur.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengucapkan dukacita atas gugurnya Brigjen TNI IGP Danny Karya Nugraha. Jokowi meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk memburu KKB.

Jokowi mengatakan atas pengabdian Danny, negara memberikan penghargaan kepada jenderal bintang satu asal satuan Kopassus itu.
 
"Saya juga telah memerintahkan kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota KKB. Saya tegaskan tidak ada tempat untuk kelompok- kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya