Warga Miskin di Kota Bandung Dapat Paket Sembako Senilai Rp150 ribu

Wali Kota Bandung Oded M Danial memberikan paket kebutuhan pokok alias sembako dengan subsidi dalam menyambut lebaran Idul Fitri untuk warga miskin di kota itu, Rabu, 28 April 2021.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Pemerintah Kota Bandung memberikan paket kebutuhan pokok alias sembako dengan subsidi dalam menyambut lebaran Idul Fitri untuk warga miskin di kota itu. Isi paket terdiri dari beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter, tepung terigu 1 kg, dan kornet sapi 1 kaleng. 

Bicara Dampak Konflik Iran-Israel ke Harga BBM dan LPG, Dirjen Migas: Tidak Perlu Direspons Segera

Bantuan ini dinilai sebagai salah satu antisipasi lonjakan permintaan barang kebutuhan pokok menjelang hari raya. Rencananya paket itu disebar ke 30 kecamatan se-Kota Bandung. 

Bantuan khusus dengan subsidi untuk masyarakat duafa itu sudah dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) senilai total Rp5 miliar, kata Wali Kota Bandung Oded M Danial, Rabu, 28 April 2021.

Konflik Iran Vs Israel, Harga BBM Subsidi Naik?

Masing-masing paket kebutuhan pokok itu bernilai Rp150 ribu. Dengan subsidi mencapai Rp5 miliar, penerima manfaat cukup membayar Rp50 ribu. Identitas warga penerima manfaat diperoleh dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Non-DTKS yang telah diajukan dan ditentukan oleh masing-masing kecamatan.

Paket disebar di 30 kecamatan berdasarkan kuota penerima. Rencananya distribusi selama tujuh hari, di 64 titik distribusi kantor kecamatan dan kantor kelurahan. 

Kawasan Lembang Padat Merayap, Antrean Kendaraan Mengekor hingga Kota Bandung

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah mengungkapkan, sesuai arahan Wali Kota, pendekatan pembagian bahan pokok menggunakan pendekatan jumlah RT. “Makin banyak RT-nya semakin banyak alokasi KPM-nya (keluarga penerima manfaat),” katanya. 

Untuk memastikan bahan pokok itu sampai kepada masyarakat, Elly mengaku telah membentuk tim yang akan mengawasai pendistribusian. "Dalam satu hari, Bulog sudah berkomitmen akan menyelesaikan pendistribusian," ujarnya.

Gedung Perkantoran Jakarta (Ilustrasi Kondisi Ekonomi RI).

Ini 5 Dampak Serius Konflik Iran-Israel ke Ekonomi RI, Simak!

Situasi di Timur Tengah saat ini tengah memanas pasca-serangan balasan Iran dengan meluncurkan rudal dan drone ke Israel.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024