Banjir Memaksa Sejumlah Warga Mengungsi di Dua Desa Cianjur

Rumah di dua desa di Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kebanjiran akibat luapan air sungai pada Kamis, 29 April 2021.
Sumber :
  • ANTARA/Ahmad Fikri

VIVA – Banjir yang melanda dua desa di Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memaksa sedikitnya 30 keluarga mengungsi, menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) daerah setempat.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Irfan Sopyan saat dihubungi pada Kamis dini hari, 29 April 2021, mengatakan mengatakan bahwa hujan deras yang selama dua jam lebih mengguyur sebagian wilayah Cianjur utara pada Rabu (28/4) menyebabkan air sungai meluap dan membanjiri wilayah Desa Mande dan Desa Murnisari.

"Hujan deras selama beberapa jam itu menyebabkan aliran sungai yang melintas di kedua desa meluap karena sungai tertutup material urugan bangunan milik perusahaan peternakan ayam terbesar di wilayah tersebut," katanya.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Akibat luapan air sungai, ia melanjutkan, sepuluh rumah warga terendam genangan setinggi 2,5 meter dan 20 rumah warga tergenang setinggi betis orang dewasa.

Warga yang rumahnya tergenang terpaksa mengungsikan keluarga mereka ke tempat yang lebih aman. Mereka mengungsi ke masjid, madrasah, balai desa, dan rumah kerabat.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Aparat masih mendata total rumah yang terdampak. Namun yang pasti, sejak Kamis dini hari, sebagian besar warga mengungsi.

Menurut dia, warga kedua desa itu sudah beberapa kali menghadapi banjir tahun ini sehingga sigap mengungsi saat melihat tanda-tanda air sungai akan meluap. (ant)

Warga korban banjir di Tasikmalaya mengungsi ke masjid dan kantor desa

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024