Gempa Blitar, KAI Pastikan Jalur Kereta di Daop 8 Aman

Ilustrasi layanan kereta api di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – PT KAI Daop 8 Surabaya memastikan operasional kereta api di wilayahnya tetap aman pasca gempa bermagnitudo 6,2 di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Jalur Kereta Api di wilayah Daop 8 khususnya lintas Bangil (Pasuruan) - Malang - Wlingi (Kabupaten Blitar) tetap normal dan lancar.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

"Alhamdulillah semua operasional kereta api di wilayah Daop 8 Surabaya masih berjalan aman, lancar, dan terkendali setelah terjadinya gempa di Kabupaten Blitar malam ini," kata Manajer Humas Daop 8 Luqman Arif, Jumat, 21 Mei 2021.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat lokasi gempa berada di laut dengan koordinat 8,63 Lintang Selatan (LS) dan 112,34 Bujur Timur (BT), pada pukul 19.09 WIB, Jumat 21 Mei 2021. Pusat gempa berada di posisi 57 kilometer tenggara, Kabupaten Blitar dengan kedalaman 110 kilometer.

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Luqman mengungkapkan, getaran gempa ini terasa di wilayah operasional kereta api di Daop 8 Surabaya. Luqman mengungkapkan bahwa sampai saat ini semua perjalanan kereta api masih berjalan normal tanpa kendala.

"Koordinasi terus dilakukan antara petugas penjaga daerah rawan dan semua jajaran operasional termasuk masinis yang selalu mendapatkan pantauan terbaru dari pusat pengendali kereta api," tutur Luqman.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Petugas di lapangan juga langsung melihat kondisi prasarana perkeretaapian yang mereka miliki. Seperti jalan rel, jembatan, dan terowongan, petugas di lapangan langsung melakukan pengecekan. Mereka memastikan, semuanya dalam kondisi yang aman untuk dilalui perjalanan kereta api.

“Semua petugas PT KAI selalu siaga mengantisipasi semua kemungkinan yang berkaitan dengan alam salah satunya gempa. Di titik-titik rawan selalu disiagakan petugas jaga yang akan terus memantau perkembangan kondisi prasarana kami,” ujar Luqman.

Sementara itu, Gempa susulan terjadi di Blitar, Jawa Timur dengan magnitudo 3,1 pada pukul 20.15 WIB, Jumat 21 Mei 2021. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa masih berada di laut.

Namun, koordinat lokasi gempa sedikit bergeser ke posisi 9,01 Lintang Selatan (LS) dan 112,31 Bujur Timur (BT). Pusat gempa susulan ini berada di 98 km tenggara Kabupaten Blitar.

"Kedalaman 50 km," demikian ketarangan BMKG Yogyakarta.

Baca juga: Terdampak Gempa Blitar, Satu Rumah Warga di Malang Rusak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya