Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Tolitoli, Penyebabnya di Utara Sulawesi

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Gempa tektonik dengan magnitudo 5,3 mengguncang Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah, pada pukul 08.25 WIB, Sabtu, 29 Mei 2021, yang disebabkan aktivitas subduksi di utara Sulawesi.

137 Pesawat Batal Terbang Imbas Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Akhirnya Kembali Dibuka

"Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi di utara Sulawesi," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya yang diterima di Jakarta.

Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 5,3 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,2.

Beredar Info Pulau Tagulandang Tenggelam akibat Erupsi Gunung Ruang, Begini Kata Badan Geologi

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,07 LU dan 120,03 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 87 km arah barat Kota Tolitoli, Sulawesi Tengah, pada kedalaman 27 km.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Indonesia Dilanda Gelombang Panas? Begini Penjelasan BMKG

Gempa itu berdampak guncangan yang dirasakan di daerah Tolitoli dan Balukang III-IV MMI, yaitu bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Bambang mengatakan hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa itu. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG juga menunjukkan belum adanya aktivitas gempa susulan. Namun, masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya