Hasil Tes Genome, Nakes Cilacap Tak Terpapar Varian COVID-19 India

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

VIVA – Kasus anak buah kapal (ABK) asal Filipina yang terpapar virus B.16.17.2 asal India beberapa waktu lalu, sempat membuat khawatir para tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Cilacap Jawa Tengah yang merawat mereka. Sebab, para nakes tersebut kemudian juga terkonfirmasi positif COVID-19. 

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Untuk memastikan apakah mereka terpapar virus B.16.17.2 atau tidak, sampel dari para nakes tersebut dibawa ke laboratorium UGM untuk dites genome squencing.

Hasilnya, hari ini, diumumkan bahwa tenaga kesehatan di RSUD Cilacap yang terkonfirmasi positif COVID-19 usai merawat 13 ABK asal Filipina tersebut, dinyatakan tidak terpapar virus B.16.17.2 atau varian India.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

"Setelah dites, nakes yang tertular dari pasien ABK Filipina itu alhamdulillah tidak ada varian baru. Setelah kita tes genome squencing, alhamdulillah tidak terpapar itu (B.16.17.2)," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di sela-sela sidak penanganan COVID-19 di Kudus.

Meski begitu, Ganjar menegaskan, varian baru COVID-19 asal India itu sudah ada di Jawa Tengah. Kasus itu dibawa oleh para ABK berkewarganegaraan Filipina yang bongkar muat di Pelabuhan Cilacap. "Sudah ada (varian baru) tapi orang Filipina. Hanya ABK saja," ujarnya.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

Laporan Teguh Joko Sutrisno (tvOne/ Semarang, Jateng)

Bacapres Ganjar Pranowo dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Partai Gerindra tetap akan mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun bangsa bersama-sama dengan pemerintahan dari Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka nanti.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024