Bandara JBS Beroperasi, Ganjar Sebut Mimpi Panjang Terealisasi

Uji coba pendaratan pesawat komersial di Bandara JBS Purbalingga beberapa waktu.
Sumber :
  • Dok. Pemprov Jateng

VIVA – Bandar Udara (Bandara) Jenderal Besar Soedirman (JBS) Purbalingga telah mulai beroperasi pada Selasa, 1 Juni 2021. Kehadiran bandara tersebut diharapkan memberi kontribusi positif bagi daerah selatan Jawa Tengah seperti Banjarnegara, Kebumen, Banyumas, Wonosobo, hingga Pemalang, Tegal, dan Brebes. Meski belum diresmikan, namun saat ini sudah ada penerbangan yang terjadwal.

Pemkot Solo Siapkan Nobar Laga Timnas Indonesia di Depan Balai Kota

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, Bandara JBS merupakan mimpi panjang wilayah selatan Jawa Tengah untuk memiliki bandara.

"Mimpi yang cukup panjang bahkan sejak saya masih DPR RI dulu. Pak Triyono (Bupati waktu itu) sudah memulai terus kemudian belum berhasil,” kata Ganjar di sela acara peresmian Mal Pelayanan Publik di Kendal, Rabu, 2 Juni 2021.

Pensiun dari Polri, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi Ingin Jadi Lurah

Usulan Bandara JBS, menurut Ginanjar, kembali mengemuka dan dikawal prosesnya setelah diusulkan juga oleh para kepala daerah di sekitar wilayah Banyumas.

"Alhamdulillah ini berjalan dan kami ngawal terus menerus, kami dilapori terus menerus sama mereka perkembangannya, tahap demi tahap dan alhamdulillah sudah bisa dilaksanakan meskipun masih sederhana,” ujar Ganjar.

Bandara Internasional RI Dipangkas Jadi 17, InJourney Airports Sambut Positif

Ia berharap Bandara JBS akan membantu pengembangan kawasan Jateng di wilayah selatan barat. "Mudah-mudahan nanti akan bisa membantu mengembangkan kawasan Jateng wilayah selatan barat dan ini bagian dari kerja sama antar kabupaten kota yang ada di sana,” ujarnya.

Laporan Teguh Joko Sutrisno (tvOne/ Semarang, Jateng)
 

Bandara Kansai Jepang

Bandara Kansai Berhasil Cetak Rekor 30 Tahun Tanpa Kasus Kehilangan Bagasi

Sejak dibuka pada bulan September 1994, Bandara Kansai di Jepang telah menjadi pusat kebanggaan dengan reputasi tanpa adanya kehilangan bagasi selama 30 tahun.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024