Purwakarta Kebut Vaksinasi COVID-19 Untuk 2 Ribu Lansia

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Vaksinasi Lansia
Sumber :
  • VIVA/ Adi Suparman

VIVA – Satgas COVID-19 Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat memvaksinasi massal para lansia. Ada dua ribu orang yang tersebar di 20 puskesmas. 

329 Petugas PPIH Berangkat ke Arab Saudi, Bertugas di Daker Bandara dan Madinah

Percepatan ini dilakukan, mengingat partisipasi lansia di Purwakarta dalam penerimaan vaksin COVID-19, masih rendah.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menjelaskan, gebyar vaksinasi lansia ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari Lanjut Usia Nasional. Sehingga, vaksinasi ini dilaksanakan di 20 puskesmas yang ada.

Garuda Indonesia Layani 109 Ribu Jemaah Haji Tahun 2024

Baca juga: Mensos Risma Dapat Tekanan Karena Data Ganda Bansos

"Targetnya 2.000 lansia akan kita vaksinasi dalam beberapa hari kedepan," ujar Anne, pada Gebyar Vaksinasi COVID-19 Bagi Lansia, di halaman Kantor Kecamatan Pasawahan Purwakarta, Kamis 3 Juni 2021.

Soroti Tutupnya Pabrik Sepatu Bata, Jokowi Tegaskan Ini

Dia menuturkan, angka partisipasi untuk lansia saat ini sangat rendah. Untuk dosis pertama hanya 2,05 persen. Sedangkan, dosis kedua hanya 1,75 persen. 

"Mudah-mudahan, pada gebyar vaksinasi ini, angka partisipasinya meningkat tajam," ujar Anne.

Selain itu, pihaknya juga mengeluarkan program sauyunan. Program ini, salah satunya untuk mengintervensi para lansia, supaya mau divaksinasi. Program ini, menjadi pemeriksaan dasar lansia yang terintegrasi dengan beberapa kegiatan. Yaitu dengan kegiatan posbindu, kegiatan bina lansia dan kegiatan pengajian di 40 majelis ta'lim.

Khusus majelis ta'lim ini, akan dibentuk dengan pembentukan posbindu di masing-masing wilayah. Diharapkan upaya ini dapat menjadikan para lansia di Kabupaten Purwakarta lebih sehat, lebih produktif dan lebih bahagia.

Jumlah kasus COVID-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan jauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun.

#ingatpesanibu
#satgascovid19
#pakaimasker
#cucitanganpakaisabun
#jagajarak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya