Perjalanan Sepatu Bata, Merek Sepatu Terkemuka yang Kini Menutup Pabrik di Purwakarta

Toko sepatu Bata
Sumber :
  • bata.com.sg

PURWAKARTA  – Sepatu Bata, merek alas kaki terkemuka telah menutup salah satu pabriknya di wilayah Purwakarta, Jawa Barat. Mereka menyatakan bahwa pihaknya kesulitan dalam menghadapi tantangan menjalankan bisnis di tengah buntut rugi yang meningkat.

Dipanggil KPK Pekan Depan, Segini Harta Kekayaan Eks Kepala Bea Cukai Purwakarta

Dilansir dari situs resmi Bata pada Senin, 6 Mei 2024, Bata pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 1931 dan bekerja sama dengan Netherlandsch-Indisch atau NV yang merupakan importir sepatu di Tanjung Priok.

Perusahaan yang didirikan oleh tiga bersaudara yakni Tomas, Anna, dan Antonin Bata dengan nama T.&A akhirnya mendirikan pabrik sepatu pertamanya di Indonesia selang enam tahun kemunculannya di pasar domestik.

Eks Kepala Bea Cukai Purwakarta Dipanggil KPK Pekan Depan, Klarifikasi Harta Kekayaan

Tomas Bata memilih untuk membangun pabrik sepatunya di pusat perkebunan karet di daerah Kalibata, yang terletak di Jalan Kalibata Raya, Jakarta Selatan. Produksi sepatu kembali dimulai pada tahun 1940. 

PT Sepatu Bata Tbk telah terdaftar di Bursa Efek Jakarta pada 24 Maret 1982. Pada tahun 1994, perusahaan pun melebarkan sayapnya hingga membangun pabrik sepatu di Purwakarta.

JK Sebut Kasus Korupsi LNG Eks Dirut Pertamina Karen Murni Bisnis, Ada Untung-Rugi

Berbekal lebih dari 125 tahun pengalaman dalam industri sepatu, Bata menawarkan berbagai koleksi sepatu untuk semua usia dan tingkat pendapatan, mulai dari wanita dan pria serta balita hingga anak-anak.

Kombinasi produk terdiri dari beragam koleksi yang modis dan trendi untuk segala suasana. Dengan terus mengembangkan teknologi sepatu yang modern, Bata juga telah menguasai seni memproduksi alas kaki yang mengawinkan gaya dan kenyamanan, menawarkan sepasang alas kaki yang sempurna untuk semua lapisan masyarakat.

Sebagai salah satu pabrik terbesar di Indonesia, Bata memiliki spesialisasi produk sepatu injeksi untuk konsumsi dalam dan luar negeri. Saat ini Bata Indonesia menempati Gedung 6 lantai yaitu kantor PT.Sepatu Bata, TBK di Cilandak, Jakarta Selatan.

Hingga saat ini, merek Bata di Indonesia benar-benar telah mempunyai perjalanan panjang. Apa yang dahulu disebut sepatu sekolah dengan tagline "Back to School," telah melayani berbagai segmen pasar yang berbeda. Hal ini termasuk merek lainnya yaitu Marie Claire, Comfit, Power, Bubblegummers, North Star, B-First, and Weinbrenner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya