Renovasi Rumah Tua, Kontraktor Ini Kaget Temukan Artefak Kuno

Kontraktor Adam W (tengah).
Sumber :
  • Istimewa.

Jakarta – Pengerjaan suatu proyek tak sedikit menyimpan cerita tersendiri dalam proses konstruksi yang dilakukan. Momen tersebut pun meninggalkan pelajaran hingga pengalaman bagi para pekerjanya.

Bayar Premi Rp 50 Ribu Per Tahun, Bisnis UMKM Bisa Terlindung dari Musibah hingga Puluhan Juta

Salah satunya cerita unik tersebut seperti yang dialami kontraktor pemilik PT William Buis Group, Adam William Buis. Dia pernah membuat penemuan tak terduga saat sedang melakukan renovasi sebuah rumah tua.

"Kami mulai membongkar dinding, dan tiba-tiba kami menemukan kotak kecil yang tersembunyi di sana. Saat kami membukanya, kami menemukan artefak kuno dan beberapa barang bersejarah," ungkap Adam dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis, 16 Mei 2024.

Tahun 2023, Pertamina Jalankan Amanah Kelola Energi Hingga Pelosok Indonesia

Menurutnya, kjadian tersebut bukan hanya membuat projek renovasi lebih berkesan, tetapi juga menambah dimensi unik yang tak terduga. Adam menjelaskan bahwa penemuan tersebut menjadi pengingat bahwa di balik setiap projek konstruksi, terkadang ada cerita yang menarik dan tak terduga yang menunggu untuk ditemukan.

Pekerja bangunan konstruksi (ilustrasi BUMN konstruksi/karya).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
BPK Ungkap Sederet Masalah Pembangunan IKN

"Dalam bisnis konstruksi, kami sering fokus pada pembangunan struktur fisik, tetapi saat kami menemukan artefak ini, itu mengingatkan kami bahwa ada sejarah yang tersembunyi di balik bangunan-bangunan tersebut," tambahnya.

Penemuan ini juga memberikan dampak positif bagi privilege Adam dalam industri konstruksi. Selain meningkatkan reputasinya sebagai kontraktor yang handal dan berkualitas, penemuan ini juga memperluas jaringan profesionalnya dengan klien potensial yang tertarik dengan kualitas pekerjaannya.

Pria penggemar olahraga beladiri itu juga berbagi cerita seputar awal karirnya sebagai kontraktor. Bisnis kontraktornya muncul sebagai respons terhadap permintaan untuk konstruksi bangunan dan infrastruktur.

Ilustrasi konstruksi

Photo :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

Pada awalnya, ia hanya menggarap projek-projek seperti pembangunan rumah, dan bekerja secara independen. Namun, seiring waktu, muncul permintaan projek-projek konstruksi yang lebih kompleks dan besar, hal tersebut mendorongnya untuk berkolaborasi dan membentuk bisnis kontraktor yang lebih terstruktur.

"Dalam perkembangannya, bisnis kontraktor menjadi lebih profesional dengan munculnya standar kualitas, praktik manajemen proyek, dan regulasi yang mengatur industri konstruksi. Teknologi juga memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas dalam pekerjaan konstruksi," jelas Adam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya