6.212 Peserta SBMPTN Lolos di USU dan Unimed

Kampus USU, Medan, Sumatera Utara.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sebanyak 6.212 calon mahasiswa baru lolos di Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed) melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. 

Pilmapres Unimed 2024, Jaring Mahasiswa Berprestasi, Kreatif dan Terampil Berkomunikasi

Sejumlah 6.212 calon mahasiswa baru itu, terdiri dari USU sebanyak 2.463 peserta dan Unimed sebanyak 3.749 orang. Bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, selanjutnya dapat melakukan tahapan pengisian data UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang dilakukan secara online melalui laman USU dan Unimed.

Rektor USU Dr Muryanto Amin mengucapkan selamat kepada peserta SBMPTN yang lulus di kampus beralamat di Jalan Dr Mansyur, Kota Medan. Ia berharap agar para mahasiswa baru tersebut dapat menjalani masa perkuliahannya dengan baik, meskipun di bawah pandemi COVID-19 yang masih belum mereda. 

Unimed Terima 2.621 Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

“Pandemi adalah kesempatan bagi kita semua dalam mengeksplorasi seluruh kemampuan yang dimiliki dan dibarengi dengan upaya meningkatkan kemampuan serta kompetensi keilmuan secara terus-menerus," ujarnya, Senin petang, 14 Juni 2021.

Dia menambahkan, "Maka saya dalam kesempatan ini mengucapkan selamat atas kelulusan dan selamat bergabung kepada anak-anak kami para mahasiswa/mahasiswi baru USU dari jalur SBMPTN. Semoga apa yang kalian cita-citakan dapat segera tercapai."

Wisuda Diikuti 937 Lulusan, Rektor Unimed: Dunia Kerja Butuhkan Kemampuan dan Skill Kolaborasi

Untuk program studi favorit yang tinggi peminatnya pada tahun ini di kelompok saintek terdiri dari Prodi Teknik Industri, Ilmu Keperawatan dan Teknik Mesin. Sementara untuk kelompok soshum yakni Prodi Ekonomi Pembangunan, Sastra Inggris dan Ilmu Kesejahteraan Sosial. 

Nilai tertinggi yang diraih oleh para peserta UTBK SBMPTN 2021 berdasarkan prodi diurutkan teratas diraih oleh Prodi Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Teknik Industri, Teknologi Informasi dan Manajemen. 

Keketatan persaingan UTBK di tingkat program studi yang ada di USU berada pada wilayah Prodi Farmasi, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter untuk kelompok Saintek. Sedangkan di kelompok soshum berada di wilayah Prodi Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, Manajemen dan Psikologi.

Terpisah, Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom mengatakan  jumlah pendaftar SBMPTN Tahun 2021 yang ikut ujian UTBK di Unimed sebanyak 21.134. Sedangkan pendaftar yang dinyatakan lulus jalur SBMPTN di Unimed tahun ini berjumlah 3.749 orang yang tersebar dalam 54 Program Studi S1.

Lima Prodi favorit di Unimed jalur SBMPTN 2021 yang peminatnya tertinggi antara lain: PGSD, Pend. Matematika, Akuntansi, Manajemen dan Pendidikan Bahasa Inggris. 

“Kami sangat senang anak Bapak/Ibu telah menjadi bagian dari keluarga besar Unimed, karena sudah bergabung menjadi warga Unimed. Kami sampaikan kepada kedua orang tua/wali untuk mensyukuri nikmat Allah Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan dapat lulus jalur SBMPTN ke Unimed," ujar Syamsul.

Syamsul mengungkapkan, bagi peserta SBMPTN yang lulus di Unimed diharapkan bisa menjadi duta pencegahan COVID-19 di tengah masyarakat. Untuk menekan penyebaran virus corona yang masih melanda di Tanah Air ini.

“Kami juga harapkan saudara semua tetap dapat menjadi Duta Pencegahan COVID-19 di Masyarakat. Tetap jaga diri, terapkan protokol kesehatan secara maksimal. Jangan lupa tetap terapkan 5M," ujar Syamsul.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya