Wisuda Diikuti 937 Lulusan, Rektor Unimed: Dunia Kerja Butuhkan Kemampuan dan Skill Kolaborasi

Unimed gelar wisuda diikuti 937 lulusan.(istimewa/VIVA Medan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

VIVA  – Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar wisuda, diikuti 937 wisudawan dan wisudawati. Wisuda ini, berlangsung di Gedung Auditorium Unimed, digelar pada 21 dan 22 Februari 2024.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Dalam sambutannya, Rektor Unimed, Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd mengucapkan selamat dan terima kasih, kepada seluruh orang tua/wali dan keluarga wisudawan, yang telah mempercayakan pendidikan putra dan putrinya kepada Unimed.

"Semoga apa yang saudara raih, setelah menempuh serangkaian aktivitas akademik dan non akademik, di kampus yang kita banggakan ini. Dapat menghantarkan saudara ke gerbang kesuksesan menyongsong masa depan, yang gemilang dan dapat membahagiakan kedua orang tua dan keluarga," kata Baharuddin, Rabu 21 Februari 2024.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Baharuddin mengungkapkan bahwa di era kemajuan teknologi yang semakin pesat, dimana teknologi informasi dan IT telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Ia mendorong para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran atau skill dibidang IT dan kemampuan literasi bahasa, literasi data, literasi Teknologi, dan literasi manusia yang dibutuhkan dunia kerja. 

"Saat ini bukan lagi era kompetisi, melainkan dunia kerja membutuhkan kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai bidang," jelas Baharuddin.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

Baharuddin mengatakan dalam melangkah ke jenjang karir, dan dunia kerja, setidaknya dibutuhkan Ilmuwan yang kreatif, Kemampuan menyelesaikan masalah, mampu bekerja sama tim atau kolaborasi, Kemampuan Bernegosiasi, Manajemen waktu, Kemampuan mengambil keputusan, Kemampuan mengendalikan emosi, Berpikir kritis, dan Networking.

"Masyarakat menaruh harapan besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan," jelas Baharuddin.

Baharuddin mengungkapkan pihak Unimed sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas SDM dosen untuk segera meraih Doktor dan Profesor. 

"Prestasi mahasiswa kita diberbagai bidang juga telah berhasil mengukir prestasi baik ditingkat nasional dan internasional, seperti PIMNAS, POMNAS, PON, Sei Games, Asean Games, MTQ, IMT-GT dan kompetisi internasional lainnya," kata Baharuddin.

Baharuddin mengatakan capaian prestasi, yang berhasil diraih dosen dan mahasiswa Unimed ini, menjadi bukti bahwa proses akademik dan non akademik di kampus hijau Unimed berjalan secara efektif.

"Jagalah nama baik almamater Unimed) yang telah membina dan membesarkan S/saudara. Tampilkan diri Saudara sebagai insan lulusan Unimed yang menjadi seorang pembelajar yang tangguh, lincah dan tangkas. Yaitu kemampuan bagi mereka yang selalu mencari pengetahuan baru, terus meningkatkan diri, serta beradaptasi pada perubahan," kata Baharuddin.

Baharuddin menambahkan tetap jalin komunikasi dan silaturahmi dengan Unimed sebagai almamater Saudara dan sesama alumni dimanapun Saudara berada, melalui Ikatan Alumni Universitas Negeri Medan.

"Berikan kontribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatif- solutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater yang harus selalu kita banggakan; bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan citra Unimed di masyarakat. Bekerja dengan tulus ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat insan akademis khususnya sebagai keluarga besar Unimed," jelas Baharuddin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya