Panas, Fadli Zon ke Faldo Maldini: Politiknya BEM UI untuk Rakyat

Debat Faldo Maldini dengan Fadli Zon di Catatan Demokrasi tvOne
Debat Faldo Maldini dengan Fadli Zon di Catatan Demokrasi tvOne
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Aksi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia yang meyampaikan kritik Jokowi: The King of Lip Service jadi sorotan karena berujung pemanggilan dari rektorat. Namun, dalam polemik ini, BEM UI justru mendapat dukungan yang menggalir.

Hal ini jadi perdebatan dalam Catatan Demokrasi tvOne 'Ketika Presiden digelitik kritik'. Terjadi perdebatan antara dua pembicara yaitu Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon dengan mantan Ketua BEM UI 2012, Faldo Maldini.

Sebelum perdebatan, Fadli mengawali paparan terkait pejabat yang merangkap posisi sehingga memiliki pendapatan ganda. Ia menyampaikan demikian karena menyinggung rangkap jabatan Rektor UI Ari Kuncoro sebagai Komisaris BRI.

Fadli menyoroti hal ini karena merujuk aturan yang diterapkan dalam statuta UI. Ia mengingatkan slogan UI yakni veritas, probitas, iustitia yang berarti kejujuran, kebenaran, keadilan. Namun, justru UI yang melanggar hal itu.

"Jadi, seharusnya dalam menegakkan slogan tadi supaya tidak jadi lip service slogan veritas, probitas itu tegakkan dong aturan, tegakkan keadilan. Artinya rektor UI kalau di luar negeri sudah mundur itu, sudah malu," kata Fadli dikutip VIVA pada Rabu, 30 Juni 2021.

Bagi dia, pejabat di Tanah Air, rasa malu sudah sangat mahal meski misalnya berbohong berkali-kali. Ia mencontohkan Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock yang mengundurkan diri karena melanggar prokes. "Jadi, jabatan itu bukan segala-galanya tapi menegakkkan institusi dan legacy. Itu yang paling penting," tutur Fadli.

Pun, ia menyarankan bahwa pejabat BUMN itu juga tak boleh rangkap jabatan. Namun, hal ini justru banyak terjadi di era sekarang. Ia khawatir bila rangkap jabatan Ari Kuncoro ini diteruskan maka akan ada konflik kepentingan untuk eksistensi UI sebagai perguruan tinggi.