COVID-19 Melonjak, Sumut Tunda Pembelajaran Tatap Muka

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bersama Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota kompak menunda pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas hingga bulan Agustus 2021. Penundaan ini karena angka kasus COVID-19 melonjak.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Keputusan ini disepakati dalam hasil rapat koordinasi Pemprov dan seluruh Pemkab/Pemko se-Sumut yang dipimpin Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Jenderal Sudirman No 41 Medan, Rabu 30 Juni 2021.

"Hasilnya seluruh kabupaten/kota yang ada di Sumut sepakat untuk menunda pelaksanaan PTM terbatas hingga bulan Agustus mendatang," ujar Musa.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Musa mengatakan dengan penundaan tersebut, bukan berarti sistem pembelajaran berhenti. Kata dia, sistem belajar tatap muka saja yang ditunda, sembari melihat perkembangan keadaan kesehatan dan perkembangan COVID-19 di Sumut.
 
PTM terbatas ini ditunda dari jadwal yang diberikan oleh Pemerintah Pusat yakni 12 Juli 2021. Musa menekankan akan terus dilakukan pemantauan.

"Perkembangan keadaan kesehatan dan perkembangan COVID-19 di wilayah-wilayah yang ada di Sumut, akan dipantau hingga Agustus nanti baru kita umumkan kembali,” jelas Musa.

Dugaan Korupsi Rp 8 Miliar, Kejari Medan Tahan Eks Dirut RSUP Adam Malik

Musa menjelaskan pembelajaran di tahun ajaran baru, serta penerimaan siswa baru akan tetap dilaksanakan dengan menerapkan sistem online dan pertemuan secara daring. 

Sembari menunggu keadaan yang membaik, ia juga meminta agar dinas pendidikan berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan Satgas COVID-19 Sumut. Hal ini untuk memenuhi persentase vaksinasi pada tenaga pendidik.

“Pendidikan itu tidak bisa berjalan sendiri, kita harapkan Dinas Kesehatan pun bisa sejalan, begitu pun Satgas COVID-19 yang ada di Sumut, harus terus melakukan pengawasan, mengawal vaksinasi terus bisa berjalan dan tidak terjadi klaster-klaster baru,” sebut Musa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, Syaifuddin mengatakan, untuk tenaga pengajar yang berada di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah mencapai 70 persen yang sudah divaksin. Sisanya itu belum divaksin. 

“Ada yang memang memiliki penyakit tertentu, atau ketika hendak divaksin dia sedang sakit," kata Syaifuddin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya