Pemerintah Tambah 2 Ribu Tempat Tidur untuk Pasien Gejala Sedang

Menkes Budi Gunadi Sadikin
Sumber :
  • Youtube/Sekretariat Presiden

VIVA - Pemerintah menambah jumlah tempat tidur bagi pasien Covid-19. Sebanyak 2.000 tempat tidur disiapkan bagi pasien dengan gejala sedang.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

"Total ada persediaan hampir 2.000 tempat tidur tambahan yang sedang dipersiapkan untuk pasien dengan kategori sedang," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Jumat 16 Juli 2021.

Budi memaparkan sebanyak 1.000 tempat tidur tambahan disiapkan di RS Darurat Asrama Haji Pondok Gede. Adapun rinciannya yakni 900 tempat tidur biasa dan 100 tempat tidur untuk ICU.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Kemudian, pemerintah pula menugaskan RS Pertamina Jakarta dan tersedia sebanyak 300-500 tempat tidur tambahan. Termasuk tambahannya berada di RSCM Jakarta sebanyak 300 tempat tidur.

"Ini semua dipersiapkan," ujarnya.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Baca juga: Menkes: Berbahaya Jika Kasus COVID-19 Naik di Jakarta dan DIY

Dalam kesempatan itu, eks bos Bank Mandiri tersebut juga menjelaskan rencana pemerintah membangun rumah sakit lapangan di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Bekerja dengan Kementerian PUPR, beberapa lokasi disebut tengah dikaji.

"Sudah mengunjungi Bandung, dan juga Jateng dan sudah mengidentifikasi beberapa tempat untuk pembangunan RS lapangan yang memberikan tambahan tempat tidur kalau memang diperlukan," kata Budi.

"Tim juga jalan ke Surabaya untuk mengidentifikasi potensi kalau diperlukan tambahan tempat tidur."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya