Ketum MUI Sebut Virus Fitnah Merusak Akal Jadi Tantangan Saat COVID-19

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Miftachul Akhyar
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Miftachul Achyar mengatakan bahwa sampai saat ini MUI bisa menjalankan perannya dengan baik sebagai mitra pemerintah ataupun sebagai pelayan dan penyambung aspirasi umat. 

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

Kemudian, khadimul ummah sekaligus himayatul ummah, meski terdapat kendala pandemi COVID-19 yang terjadi selama masa periodenya. 

“Saat ini sampai seterusnya MUI tetap tegar. Walaupun pada periode saya ini ada penyusutan-penyusutan anggaran yang cukup signifikan, tapi dengan ketegaran nawaitu yang kuat kita memang dibentuk memberikan manfaat dan maslahat untuk umat," kata Miftachul dalam Milad MUI ke-46 di Jakarta, Senin, 26 Juli 2021. 

mRNA: Vaksin Masa Depan dan Kunci Ketahanan Nasional?

"Sehingga lahirlah pikiran-pikiran cerdas, pikiran-pikiran tangkas tentang bagaimana MUI bisa tetap menjalankan tugas walaupun dengan anggaran yang sangat minim dan limit itu," tambahnya. 

Menurut Miftachul, setiap periode kepengurusan pasti mempunyai tantangan yang berbeda. Untuk periode ini, tantangan utama yang harus dihadapi adalah terjadinya pandemi COVID-19 dan ekses-eksesnya, bahkan virus-virus pembawa fitnah yang merusak otak, akal, dan kebenaran di tengah-tengah masyarakat.  

Soal Kasus Pencemaran Nama Baik yang Dilaporkan Pengelola ABC Ancol, Ini Kata Polisi

Maka dari itu, kata dia, di awal masa kepengurusan periode ini, MUI memberikan porsi lebih banyak terkait dengan penanggulangan pandemi COVID-19 dan dampaknya. 

Berbagai kebijakan telah MUI tetapkan dalam rangka penanggulangan pandemi tersebut seperti memberikan panduan bagi umat islam yang menjalankan ibadah dan aktivitas keagamaan. 

"MUI juga melakukan kemitraan dengan pemerintah dalam sosialisasi, edukasi, dan juga pelaksanaan vaksinasi COVID-19, bahkan MUI juga aktif terlibat dalam program penanggulangan dampak pandemi yang bersifat ekonomi," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya