Logo ABC

Tes Keperawanan bagi Calon Prajurit KOWAD Dihapus, Kata HRW

Human Rights Watch mengatakan tes keperawanan sudah dilakukan TNI lebih dari 50 tahun. (Supplied: Kompas/Kristian Erdianto)
Human Rights Watch mengatakan tes keperawanan sudah dilakukan TNI lebih dari 50 tahun. (Supplied: Kompas/Kristian Erdianto)
Sumber :
  • abc

Lembaga Hak Asasi Manusia, Human Rights Watch mengatakan tampaknya Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat tidak akan lagi melakukan tes keperawanan bagi perempuan yang mendaftar untuk menjadi tentara.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa bulan lalu mengatakan tes kesehatan bagi prajurit perempuan tidak akan berbeda dengan apa yang dilakukan pada tentara pria.

"Pemeriksaan kesehatan terhadap calon prajurit untuk KOWAD akan sama dengan tes kesehatan untuk prajurit TNI AD," kata Jenderal Andika dalam kanal YouTube milik TNI.

"Pemeriksaan kesehatan yang tidak relevan dalam pendaftaran prajurit tidak akan dilakukan lagi.

Jenderal Andika Perkasa juga mengatakan pemeriksaan kesehatan juga tidak akan dilakukan terhadap calon istri atau calon suami para prajurit.

ABC berusaha mendapatkan keterangan resmi dari TNI, tapi sampai berita ini diturunkan belum mendapatkan jawaban.

Andy Yentriyani Kepala Komnas Perempuan mengatakan kepada ABC bahwa mereka menghargai perubahan yang diusulkan, hal yang sudah diberitakan luas di media lokal.