Alasan Jokowi Pakai Baju Adat Suku Baduy di Sidang Tahunan MPR

Presiden Jokowi Memakai Baju Adat Baduy di Sidang Tahunan DPR MPR
Sumber :
  • Humas MPR

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sidang tahunan MPR RI Tahun 2021 Senin 16 Agustus 2021. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya pada tahun ini Jokowi kembali mengenakan baju adat dalam menghadiri sidang tahunan MPR RI.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Pada kesempatan kali ini, Kepala Negara memutuskan untuk memakai baju adat dari suku Badui yang berada di Kabupaten Lebak, Banten. Rupanya Jokowi memiliki alasan mengapa memakai pakaian tersebut.

Berdasarkan penjelasan dari Kantor Staf Presiden, salah satu alasannya yakni sebagai bentuk penghormatan kepada keluhuran nilai adat dan budaya suku Badui.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

"Presiden @jokowi memilih menggunakan pakaian adat suku Baduisebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada keluhuran nilai-nilai adat dan budaya suku Badui," tulis KSP dalam akun Twitter @KSPgoid Senin 16 Agustus 2021

Dalam Sidang tahunan, Jokowi memakai telekung berwarna biru. Telukung adalah ikat kepala yang merupakan hasil tenun masyarakat Badui.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Jokowi juga mengenakan baju kutung. Baju kutung adalah baju warna putih tanpa kerah berlengan panjang, namun kali ini Jokowi lebih memilih baju adat kutung dengan warna gelap.

Selain itu, Jokowi juga melengkapinya dengan tas yang diselempangkan dibahunya.

Presiden Joko Widodo tiba di lokasi sekitar pukul 08.05 WIB dengan mengenakan pakaian adat Badui. Saat tiba, Jokowi disambut oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amien dan juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Di dalam ruang sidang, juga sudah ada sejumlah menteri dan beberapa anggota DPR RI yang hadir. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya