Nobar Liga 1 Bakal Dibubarkan Polisi

Brigjen Rusdi Hartono, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bakal mengambil tindakan tegas apabila masih ada masyarakat atau para suporter yang menggelar nonton bareng (nobar), termasuk arak-arakan terhadap klub sepak bola yang berlaga di Liga 1 pada 27 Agustus 2021.

“Apabila ditemukan adanya nonton bareng, Satgas COVID-19 akan tegas membubarkan,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono saat dikonfirmasi wartawan pada Senin, 16 Agustus 2021.

Bahkan, Rusdi mengatakan Polri tidak akan ragu untuk memproses secara hukum apabila masyarakat memang diduga melakukan pelanggaran terhadap aturan perundang-undangan di tengah pandemi virus corona.

“Jika memang harus dilakukan tindakan-tindakan tegas dengan penegakan hukum, tentunya Polri tidak adakan ragu dan akan penegakan hukum secara humanis bagi pihak yang mencoba melanggar aturan-aturan yang sedang kita ketatkan dengan adanya pandemi COVID-19”, ujarnya.

Oleh karena itu, Rusdi mengatakan Polri akan melakukan pengawasan agar masyarakat tidak menggelar nonton bareng. Sebab, Porli memegang teguh azas Salus Populi Suprema Lex Esto, bahwa keselamatan rakyat menjadi hukum yang tertinggi.

“Segala daya upaya dan Polri senantiasa berupaya keras bagaimana keselamatan dari pada rakyat ini tetap terjaga. Mudah-mudahan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ini bisa berjalan dengan baik, aman dan sehat di tanah air,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, Rusdi mengatakan masalah perizinan untuk Liga 1 dan Liga 2 ini, Polri tidak mengeluarkan izin lagi karena izin telah dikeluarkan yaitu Surat Izin Keramaian Nomor 1609 tanggal 25 Mei 2021 dan telah ditandatangani langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Jadi izin itu telah keluar sejak tanggal 25 Mei. Akan tetapi, pada saat itu Liga 1 dan Liga 2 tertunda bergulir karena situasi COVID-19 yang meningkat di tanah air,” kata Rusdi.

Ia menambahkan izin telah dikeluarkan berdasarkan hasil koordinasi dengan berbagai pihak, dan tentunya kesepakatan bahwa pertandingan akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Polri mendukung perkembangan olahraga di tanah air termasuk sepak bola. Namun dalam kondisi pandemi seperti ini, tentu penyelenggaraannya penuh dengan kehati-hatian, tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelas dia.

Polri Jamin Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas di Tempat Wisata saat Libur Panjang

Baca juga: Izinkan Liga 1 Bergulir, Polri: Pertandingan Tanpa Penonton

Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran.

Tinjau Sejumlah Wilayah, Komjen Fadil Imran Pastikan Kesiapan Polri Amankan KTT WWF 2024 di Bali

Polri telah menyiapkan rencana pengamanan dengan sangat matang.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024