Tali Crane Putus Timpa Pekerja di Pelabuhan Merak, 1 Meninggal

Pelabuhan Penyeberangan Merak
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Kecelakaan kerja terjadi di Dermaga 4, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Satu pegawai meninggal dan dua lainnya luka-luka. Korban meninggal atas nama Suharsono, warga Tulungagung, Jawa Timur.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Peristiwa nahas itu terjadi pada Senin kemarin 30 Agustus 2021, sekitar pukul 16.15 wib, saat para pekerja sedang membangun side ramp atau jembatan penyeberangan dari Dermaga 4 untuk masuk ke dalam kapal.

"Korban meninggal dalam perjalanan (dari Pelabuhan Merak) menuju rumah sakit," kata Kasatreskrim Cilegon, AKP Arief Nazarudin, Selasa 31 Agustus 2021.

Halal Bi Halal Serikat Pekerja Pelindo, Serukan Semangat Konsolidasi

Berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 16.15 wib itu, bermula dari adukan coran yang dipindahkan dari mobil ke tiang pancang, menggunakan crane. Tiba-tiba tali pengikat putus dan menimpa pekerja yang ada di bawahnya.

Tali putus di ketinggian sekitar 10 meter, dengan mengangkut sekitar 3,5 ton beban. Polisi menduga, ada kelebihan beban dalam pekerjaan tersebut.

Panduan Singkat Terlindungi Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian BPJS Ketenagakerjaan

"Tim Satreskrim Polres Cilegon sudah melakukan olah TKP, ada beberapa saksi yang sudah dimintai keterangan. Kemudian kami melakukan visum (korban meninggal) di RSUD Cilegon," terangnya.

Pekerjaan pembangunan side ramp Dermaga 4 Pelabuhan Merak dikerjakan oleh PT Hedro Power. Polisi akan memintai keterangan dari perusahaan tersebut, termasuk meminta masukan dari saksi ahli.

Sedangkan bagi korban meninggal, polisi akan berkoordinasi dengan keluarga. Bagi korban luka-luka, sedang mendapatkan perawatan medis di RSKM Cilegon.

"Kami akan melakukan memintai keterangan dari pihak terkait dan ahli. Untuk kegiatan, kami akan mengundang memintai keterangan dari pihak-pihak terkait," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya