Hari Santri 2021 Usung Semangat Bertumbuh dan Berkarya

Ilustrasi perayaan hari Santri Nasional
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Rabhithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU), lembaga yang fokus pada Pondok Pesantren akan turut memperingati hari besar mereka, hari santri. Peringatan hari santri nasional telah dikukuhkan lewat Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015.

Ketua RMI NU, Abdul Ghaffar Rozin, mengatakan hari santri yang masuk tahun ketiga diperingati bersamaan pandemi COVID-19. Tentunya peringatan kali ini menjadi refleksi bagi pesantren sebagai lembaga pendidikan komunal (berasrama).

"Meskipun demikian, hingga saat ini pesantren mampu menghadapi dan keluar dari problem menyebarnya virus di lingkungan pesantren," ucap dalam acara kick off hari santri secara daring, Rabu 8 September 2021.

Pria yang akrab disapa Gus Rozin ini menyadari, pesantren sangat rentan dengan penyebaran virus. RMI NU disebut sudah sekuat tenaga melakukan pendampingan, imbauan, hingga turun langsung ke lapangan langsung melalui Satgas COVID RMI NU, agar pesantren tangguh dalam menghadapi wabah.

"Semangat perjuangan para ulama melalui resolusi jihad NU dalam mengusir penjajah harus menjadi pelecut semangat santri dan pesantren dalam berjuang menyiapkan generasi santri yang siap dalam menghadapi dunia baru dan tantangannya," ujarnya.

Kata Gus Rozin, pesantren pula terus berbenah dan berdapatasi cepat menghadapi metode pembelajaran dengan protokol kesehatan. Selain itu, memanfaatkan teknologi informasi, metode pembelajaran tetap menjaga tradisi dan kaidah-kaidah yang sudah ada di pesantren.

"Momentum Hari Santri 2021 ini merupakan waktu yang tepat dalam membakar semangat santri dan pesantren untuk tumbuh dan siap menghadapi perubahan zaman yang sangat cepat," kata Gus Rozin.

Sekadar informasi, Logo Hari Santri 2021 telah resmi diluncurkan berdasarkan hasil dari sayembara yang diikuti oleh 250 talenta desain dari kalangan santri. Melambangkan air jernih yang memberikan kesejukan dan kesegaran, diharapkan menjadi sumber kekuatan bagi kehidupan baik dalam konteks sebagai pribadi, warga negara maupun bangsa.

Santri harus mengabdi kepada orang tua, guru dan juga ikut andil dalam menjaga NKRI. Adapun tagline Hari Santri 2021 mengusung tema 'Bertumbuh, Berdaya, Berkarya,'.

Kemenag Berikan Bantuan untuk Pendidikan Islam dan Pesantren: Simak Syarat dan Ketentuannya
Menag dan Majelis Masyayikh Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Majelis Masyayikh adalah lembaga mandiri dan independen sebagai perwakilan Dewan Masyayikh dalam merumuskan dan menetapkan system penjaminan mutu pendidikan pesantren.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024