IDI Papua Prihatin Aksi Kekerasan KKB terhadap Nakes di Kiwirok

Para tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, korban penyerangan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Taplo setelah diselamatkan, Kamis, 16 September 2021.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Papua dr. Donald Arrongear menyatakan keprihatinannya terhadap kasus kekerasan yang dialami tenaga kesehatan di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Kisah Pilu Nakes di Simalungun Diperkosa 3 Pria, Seorang Pelaku Mantan Kekasih Korban

"Kami sangat prihatin terhadap kekerasan yang dialami nakes karena seharusnya mereka dilindungi oleh berbagai pihak," kata Arrongear sebagaimana dilansir dari ANTARA, Kamis, 16 September 2021.

Dikatakannya, seharusnya petugas kesehatan dan guru harus dilindungi oleh berbagai pihak termasuk kelompok-kelompok lainnya karena keberadaan mereka memang untuk melayani masyarakat.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Sesuai Konvensi Jenewa 1949, nakes harus dilindungi, namun yang terjadi di Kiwirok malah sebaliknya nakes menjadi korban, kata dr. Donald Arrongear seraya berharap tidak ada lagi nakes yang menjadi korban penganiayaan dari kelompok mana pun.

"Kami berharap Pemda dan aparat keamanan membantu memberikan keamanan kepada petugas kesehatan yang bertugas di daerah," ujar Arrongear.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Lima orang nakes terluka, termasuk seorang meninggal setelah terjatuh ke jurang saat terjadi baku tembak dengan aparat keamanan dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kiwirok, Senin (13/9).

KKB juga melakukan teror dengan membakar fasilitas umum dan menganiaya nakes.

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito secara terpisah mengatakan saat ini satu nakes belum diketahui nasibnya yakni Gabriel Sokoy.

Aparat keamanan dan warga sudah berupaya melakukan pencarian, namun belum ditemukan, kata AKBP Cahyo. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya