Kemenhub Ungkap Siswa SMA Paling Banyak Jadi Korban Kecelakaan

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas / foto by google
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas / foto by google
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengungkapkan, jumlah korban lalu lintas di Indonesia hingga akhir tahun lalu masih didominasi oleh kaum pelajar.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Mohamad Risal Wasal mengatakan, untuk itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menginisiasi program dekade aksi keselamatan jalan 2021-2030.

"Pada sisi keselamatan, target kita bagaimana mengurangi cedera dan kematian bahkan ditargetkan zero fatality rate," kata dia dalam diskusi virtual, Senin, 20 September 2021.

Untuk mencapai target tersebut dia mengatakan, ada lima aksi yang telah disusun. Pertama adalah membangun jalan beserta perlengkapannya yang sangat memadai.

Kedua menetapkan batas kecepatan yang sesuai fungsi masing-masing jalan, seperti 30 km untuk jalan lingkungan, 50 km untuk jalan perkotaan dan 80 km untuk jalan nasional dan jalan tol.

Ketiga, menetapkan ketentuan agar batas kecepatan tersebut ditaati. Keempat, memasang fitur-fitur keselamatan di kendaraan dan kelima adalah meningkatkan kesadaran kecepatan.

Baca juga: Energi Fosil Masih Dominasi Produksi Dalam Negeri