Kemenkes Pastikan Kesiapan Layanan Kesehatan PON Papua, Ini Rinciannya

Pembukaan PON Papua
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Kementerian Kesehatan pastikan sarana dan prasarana hingga layanan kesehatan untuk mendukung gelarann Pekan Olahraga Nasional (PON), yang digelar hingga 15 Oktober mendatang sudah siap. PON XX telah mulai digelar pada Sabtu 2 Oktober lalu di Papua.

Kasus TBC di DKI Cukup Tinggi, Heru Budi Minta Camat Hingga Lurah Turun

Layanan kesehatan itu pula, nantinya juga disiapkan untuk Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI yang akan berlangsung  2-15 November. Tak hanya sarana dan layanan kesehatan maupun tenaga kesehatan, Kemenkes juga telah mengedukasi kepada masyarakat dan para olahragawan.

Seperti diketahui PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional XVI 2021 di Papua berlangsung dengan suasana yang berbeda dari PON-PON sebelumnya. PON XX 2021, yang mestinya berlangsung tahun 2020, dilaksanakan dalam situasi pandemi COVID-19 yang belum berakhir. Karena itu, setiap kegiatan yang dilakukan harus dengan protokol kesehatan yang ketat.

Seratus Kementerian Pun Tak Masalah jika untuk Akselerasi Kinerja, Menurut Pakar Politik

Dikutip dari keterangan resmi Kemenkes, Senin, 4 Oktober 2021, seluruh fasilitas dan sarana pendukung kesehatan telah disiapkan di tempat-tempat wilayah pertandingan akan dilaksanakan. PON XX Papua dilakukan di empat wilayah berbeda yaitu, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Di empat wilayah ini disiapkan sejumlah rumah sakit rujukan.

Di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura ada Sembilan rumah sakit, di Kabupaten Merauke ada tiga rumah sakit, dan di Kabupaten Mimika ada tiga rumah sakit. Fasilitas ini ditambah dukungan 51 ambulans yang disiagakan di sejumlah tempat pertandingan.

Pakar: Penambahan Kementerian yang Direncanakan Prabowo Harus Ubah Regulasi

Lalu ditambah poli-poli kesehatan di setiap tempat pertandingan. Ini di luar rumah sakit rujukan dan nasional yang disiagakan.

Selain itu, tenaga kesehatan dan pendukung layanan kesehatan juga telah disiapkan. Total ada 54 tim kesehatan, 420 dokter dan perawat, pengemudi 110 orang dan didukung 1.000 relawan. 

Dari 420 dokter dan perawat akan ditempatkan di sejumlah daerah. Yaitu di Kota Jayapura sebanyak 115 orang, Kabupaten Jayapura  sebanyak 115 orang, Kabupaten Merauke sebanyak 100 orang serta Kabupaten Mimika sebanyak 90 orang. 

Lebih lanjut Kementerian Kesehatan juga mendukung pengawasan terhadap tempat menginap atlet dan tempat pertandingan. Hal itu dilakukan dengan protokol kesehatan ketat di semua tempat yang menghadirkan para olahragawan dan masyarakat yang akan mendukung mereka bertanding.

Layanan kesehatan PON Papua.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenkes.

Selain persiapan pelayanan kesehatan, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Imran Agus Nurali, mengatakan, tidak saja fasilitas layanan, namun sejak jauh hari sebelum pembukaan PON XX Papua, Kementerian Kesehatan sudah melakukan edukasi soal protokol kesehatan.

Edukasi dilakukan sejak lama untuk menghindari risiko penularan COVID-19, juga penyakit lain yang endemis di Papua. Ini dilakukan baik kepada pihak-pihak yang terlibat langsung dalam kegiatan PON seperti atlet, wasit, official dan lainnya, juga kepada masyarakat yang akan menyaksikan pertandingan, 

"Ini misalnya dilakukan dengan pemeriksaan sertifikat vaksinasi COVID-19 dan atau hasil swab PCR bagi mereka yang datang dari luar Papua. Dan nantinya saat mereka akan meninggalkan Papua juga wajib dilakukan pemeriksaan swab. Dengan demikian diharapkan menekan sekecil mungkin kemungkinan penyebaran COVID-19," ujarnya.

Dia menegaskan, informasi lain soal kesehatan juga terus disampaikan terhadap penyakit endemis di Papua, seperti Malaria yang kasusnya masih cukup tinggi. Selain itu juga DBD dan HIV-AIDS yang masih menjadi potensi masalah kesehatan yang perlu diperhatikan bagi yang datang ke Papua.

"Semuanya ini dilakukan Kementerian Kesehatan agar PON XX Papua dan nantinya Peparnas XVI Papua berlangsung aman, nyaman, dan tetap sehat bagi semua," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya