Seribuan Pelajar Disuntik Vaksin COVID-19 di Atas Kapal Perang

Pelabuhan Patimban.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub.

VIVA – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, melalui KSOP Patimban dan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI AL menggelar Serbuan Vaksin di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Vaksinasi COVID-19 itu dilakukan di atas kapal perang KRI Bintuni.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Kepala KSOP Patimban Heri Purwanto menyebutkan, peserta vaksinasi tercatat sebanyak 1.195 orang. Mereka berasal dari pelajar SMP hingga SMA sebagai persiapan sekolah tatap muka yang saat ini telah berlangsung di beberapa daerah sejak September 2021.

“Kantor pelayanan di depan kantor KSOP Patimban dijadikan tempat screening dan registrasi vaksin. Peserta vaksin dibawa secara bertahap dari masing-masing sekolah ke area screening vaksin dan pendaftaran,” ujarnya Heri dikutip dari keterangannya, Sabtu, 9 Oktober 2021.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Pelaksanaan vaksinasi para pelajar tersebut dilakukan di atas kapal KRI Bintuni juga dilakukan sebagai sarana edukasi. Agar para pelajar lebih mengenal dunia maritim dan memperoleh pengalaman melihat dan menaiki langsung kapal perang tersebut.

Baca juga: Menteri Basuki Targetkan Bendungan Rukoh Aceh Rampung 2023

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

“Setelah proses screening selesai, para pelajar dibawa pakai shuttle (3 kendaraan) ke area terminal kontainer (sandar kapal) untuk dinaikan ke kapal KRI Bintuni untuk pelaksanaan vaksin,” ujarnya.

Sebelumnya, KRI Bintuni telah sandar di dermaga kontainer Pelabuhan Patimban untuk persiapan acara Serbuan Vaksin tersebut. Ikut mendampingi KRI Bintuni, kapal Patroli PLP Kelas 1 Tanjung Priok dan Kapal Patroli Bea dan Cukai Tanjung Priok.

Kepala Staff Kolinlamil, Laksamana TNI Retiono Kunto menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara serbuan vaksin tersebut.

“Khususnya bisa mendukung program Pemerintah sesuai arahan dari pemerintah TNI AL membantu percepatan vaksinasi bagi masyarakat khususnya masyarakat maritim,” ujarnya.

Dia berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat dan berkontribusi dalam percepatan pembentukan herd immunity di masyarakat.

“Mudah-mudahan upaya ini bermanfaat bagi masyarakat, bisa segera meningkatkan herd immunity masyarakat juga khususnya yang berada di Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya