Jatim Putuskan Dukung Duet Kiai Miftach-Gus Yahya Pimpin NU

Jajaran Rais Syuriah dan Tanfidziyah NU Jatim.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama dan PCNU se Jawa Timur sepakat untuk mendukung duet KH Miftachul Akhyar dan KH Yahya Cholil Staquf, untuk maju sebagai calon Rais Aam dan Ketua Tanfidziyah PBNU, di Muktamar ke-34 NU di Lampung pada 23-25 Desember 2021. Keduanya dinilai sebagai figur yang cocok untuk memimpin organisasi terbesar di Indonesia lima tahun ke depan.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Hal itu disampaikan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, usai menggelar rapat gabungan syuriah-tanfidziyah bersama dengan PCNU di kantor PWNU Jatim, Jalan Masjid Al-Akbar Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 12 Oktober 2021. Rapat tersebut juga dihadiri kiai sepuh yang juga Rais Syuriah NU Jatim KH Anwar Manshur dan Wakil Rais KH Anwar Iskandar.

“Tadi, Kiai Anwar Manshur dawuh (menyampaikan), calon Rais Aam yang didukung PWNU Jawa Timur secara resmi kelembagaan yaitu KH Miftachul Akhyar. Kemudian calon ketua umum yang akan didukung oleh PWNU Jawa Timur adalah Gus Yahya bin Cholil Staquf,” kata Kiai Marzuki dalam keterangan pers, di Surabaya, Selasa, 12 Oktober 2021.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Jajaran Rais Syuriah dan Tanfidziyah NU Jatim.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

Pengasuh Pesantren Sabilur Rosyad, Gasek, Malang, itu menuturkan bahwa keputusan itu diambil berdasarkan pertimbangan berbagai hal yang pada puncaknya berdasarkan arahan Rais Syuriah NU Jatim, yaitu Kiai Anwar Manshur. Tentu saja ada usulan-usulan nama yang masuk yang kemudian dipertimbangkan oleh Kiai Manshur. “Itulah tradisi di NU,” ujar Kiai Marzuki.

Gus Yahya Berkelakar soal Jabatan Menteri di Kabinet Selanjutnya: Jangan-jangan NU Semua

Itu adalah satu dari tiga keputusan yang diambil dari pertemuan antara PWNU dengan PCNU se Jatim. Poin lainnya ialah terkait alasan kenapa mendukung duet Kiai Miftachul Akhyar dan Gus Yahya untuk maju sebagai calon NU. Poin selajutnya ialah meminta PCNU-PCNU agar mengamankan dan memperjuangkan apa yang telah diputuskan oleh PWNU Jatim.

Untuk diketahui, Kiai Miftachul Akhyar saat ini menjadi Rais Aam NU setelah KH Ma’ruf Amin menjadi Wakil Presiden RI mendampingi Jokowi. Adapun Gus Yahya saat ini menjadi Katib Aam NU. Jauh hari sebelum keputusan resmi itu diambil, keduanya sudah sowan ke Pesantren Lirboyo Kediri yang diasuh Kiai Anwar Manshur.

Nama lain yang dianggap kuat untuk maju sebagai calon ketua umum ialah KH Said Aqil Siroj, saat ini Ketum PBNU. Dalam beberapa kesempatan Kiai Said secara terbuka sudah menyatakan siap maju kembali mencalonkan diri di Muktamar NU nanti. Kiai Said juga sudah sowan dan meminta restu ke Kiai Anwar Manshur dan sejumlah pesantren lain di Jatim beberapa waktu lalu.

 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya